Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MURID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN CAHAYA DAN SIFATSIFATNYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Windah Septia Futri. MS (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MURID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN CAHAYA DAN SIFATSIFATNYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012198.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SD Muhammadiyah 036 Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya kreativitas berpikir murid, seperti; 1) suasana pembelajaran pasif hanya berjalan satu arah yakni dan guru ke murid. Hal ini disebabkan antara lain karena metode yang digunakan dalam pembelajaran selama ini lebih banyak terpusat pada kegiatan guru yang artinya kurang melibatkan murid. 2) Kurang memperhatikan pada saat guru menerangkan pelajaran, terkadang murid dipaksa untuk mendengarkan penjelasan guru dan mencontoh apa yang dibuat guru dalam menyelesaikan soal-soal, sehingga murid tidak terbiasa mengemukakan ide dan pendapatnya sendiri. 3) Jika diberi latihan, mereka terlihat malas mengerjakannya dan ketika ditanya mengapa soal tersebut tidak dikerjakan, mereka mengatakan soalnya sulit dan tidak bisa dikerjakan meski guru telah menganjurkannya untuk mencoba terlebih dulu. Untuk mengatasi rendahnya keaktifan murid tersebut penulis menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Physical Self-Assessment untuk meningkatkan keaktifan murid. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatan keaktifan murid pada mata pelajaran Sains. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan keaktifan murid hanya memperoleh secara klasikal sebesar 267, berada pada kategori rendah, pada siklus I keaktifan murid meningkat dengan memperoleh skor secara klasikal adalah 462, berada pada kategori rendah, dan pada siklus II keaktifan murid mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan perolehan skor secara klasikal sebesar 598, dengan kategori sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Physical Self-Assessment dapat meningkatkan keaktifan murid khususnya pada mata pelajaran Sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Sep 2016 06:54
Last Modified: 22 Sep 2016 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7926

Actions (login required)

View Item View Item