Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TEKNIK BUDI DAYA DAN ANALISIS USAHA TANI KELAPA SAWIT RAKYAT DI DESA PASIR TUNTUNG KECAMATAN KOTAPINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

FITRIYANI HASIBUAN, - (2024) TEKNIK BUDI DAYA DAN ANALISIS USAHA TANI KELAPA SAWIT RAKYAT DI DESA PASIR TUNTUNG KECAMATAN KOTAPINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

TEKNIK BUDI DAYA DAN ANALISIS USAHA TANI KELAPA SAWIT RAKYAT DI DESA PASIR TUNTUNG KECAMATAN KOTAPINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN Fitriyani Hasibuan (12080222390) Di bawah bimbingan Riska Dian Oktari dan Siti Zulaiha INTISARI Desa Pasir Tuntung merupakan salah satu desa di Kecamatan Kotapinang yang mayoritas penduduknya melakukan usaha tani kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik budi daya kelapa sawit, menganalisis keuntungan usaha tani dan untuk menganalisis hubungan antara teknik budi daya dengan keuntungan usaha tani kelapa sawit di Desa Pasir Tuntung. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian campuran deskriptif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan survei, observasi, dan wawancara. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan jumlah 40 sampel petani kelapa sawit. Data yang digunakan terdiri atas data primer dan sekunder. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu teknik budi daya petani kelapa sawit di Desa Pasir Tuntung beberapa bagian telah sesuai dengan pedoman dari Kementerian Pertanian, usaha tani yang dilakukan petani memperoleh keuntungan sebesar Rp 46.112.057/luas lahan/tahun dengan rata- rata luas lahan 4,15 ha. Usaha tani kelapa sawit layak dilanjutkan dengan hasil analisis R/C ratio bernilai 1,86 dan memiliki hubungan yang kuat, searah dan signifikan antara teknik budi daya dan keuntungan usaha tani kelapa sawit. Kata kunci: kelapa sawit, keuntungan, R/C ratio, teknik budi daya, usaha tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRISKA DIAN OKTARI2017109101riskadianoktari@gmail.com
Thesis advisorSITI ZULAIHA2024069301siti.zulaiha@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:48
Last Modified: 10 Jun 2024 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79252

Actions (login required)

View Item View Item