HUBUNGAN IKLAN KELUARGA BERENCANA (KB) DI TELEVISI TERHADAP SIKAP PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD (Studi Kasus Di Rt 30 Rw 12 Desa Simalinyang Kabupaten Kampar)

Darmawati, (2013) HUBUNGAN IKLAN KELUARGA BERENCANA (KB) DI TELEVISI TERHADAP SIKAP PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD (Studi Kasus Di Rt 30 Rw 12 Desa Simalinyang Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201392KOM.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Iklan keluarga berencana merupakan iklan layanan masyarakat yang mengajak masyarakat umum untuk mengetahui tentang keluarga berencana dan cara menerapkannya, dengan slogan ayo ikut KB , dua anak lebih baik, serta memberikan simbol-simbol orang tua dengan dua orang anaknya. Keluarga Berencana adalah suatu usaha untuk menjarangkan atau merencanakan jumlah anak dan jarak kehamilan dengan memakai kontrasepsi. Di media televisi, juga banyak kita temukan iklan keluarga berencana hampir diseluruh stasiun televisi, diantaranya dengan menawarkan Intra Uterine Device (IUD) yang digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga di Desa Simaliyang RT 30, RW 12 Kabupaten Kampar sebagai alat KB. Sikap penggunaan IUD itu dikarenakan ketersediaan dan kelengkapan informasi tentang metode kontrasepsi IUD diantaranya Iklan layanan masyarakat tentang KB yang menjadi faktor terjadinya pemanfaatan IUD sebagai alat kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Hubungan Iklan Keluarga Berencana (Kb) Di Televisi Terhadap Sikap Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD di Rt 30, Rw 12 Desa Simalinyang Kabupaten Kampar, di mana Iklan keluarga berencana (IUD) merupakan variabel X dan Sikap pengguna IUD sebagai variable Y. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui penyebaran angket kepada 24 orang ibu-ibu yang menggunakan IUD sebagai alat kontrasepsi. Perhitungan validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment menunjukkan bahwa 29 butir pernyataan valid dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha menghasilkan angka lebih besar dari 0,6, pengukuran validitas ini dilakukan dengan menggunakan program statistik SPSS versi 17. Hasil analisis Hubungan Iklan Keluarga Berencana (Kb) Di Televisi Terhadap Sikap Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD di Rt 30, Rw 12 Desa Simalinyang Kabupaten Kampar menunjukkan secara keseluruhan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat tinggi/kuat antara tayangan iklan dengan penggunaan KB jenis IUD di kalangan ibu-ibu rumah tangga di Desa Simalinyang Kabupaten Kampar. Hal ini, dikarenakan ketersediaan dan kelengkapan informasi tentang metode kontrasepsi IUD, menjadi faktor yang memungkinkan terjadinya pemanfaatan IUD sebagai alat kontrasepsi yang menjadi pilihan oleh ibu-ibu rumah tangga di Desa Simalinyang Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pengguna KB IUD harus lebih sering lagi mempelajari tentang alat kontrasepsi IUD. Meskipun, hubungan iklan dengan penggunaan IUD sudah sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 22 Sep 2016 06:50
Last Modified: 22 Sep 2016 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7925

Actions (login required)

View Item View Item