Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE REKA CERITA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 028 RIMBO PANJANG

Ananda Dona, - (2024) PENERAPAN METODE REKA CERITA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 028 RIMBO PANJANG. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
Ananda Dona- skripsi 2024.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text
Ananda Dona- BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

ABSTRAK Ananda Dona, 2024: Penerapan Metode Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Muata Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 028 Rimbo Panjang . Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbo Panjang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah satu orang guru dan 31 orang siswa di kelas IV SDN 028 Rimbo Panjang. Objek dalam penelitian adalah Metode Reka Cerita gambar dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakanadalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya ialah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode Reka Cerita Gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase yang diperoleh yaitu sebelum tindakan diperoleh hasil keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 47%. Setelah dilakukan tidakan perbaikan pada siklus I keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 60% . Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka naik menjadi 77,12% dengan kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Reka Cerita Gambar pada Mata Pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di Kelas IV SDN 028 Rimbo Panjang. Kata Kunci : Metode Reka Cerita Gambar, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUSIBA, -2019107602susiba@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:38
Last Modified: 12 Jun 2024 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79244

Actions (login required)

View Item View Item