Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DENGAN METODE MULTI-ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT)

Nouval Irfan Faruqi, - (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DENGAN METODE MULTI-ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT). JITE (Journal of Informatics and Telecommunication Engineering), 7 (2). pp. 473-485. ISSN ISSN 2549-6247 (Print) ISSN 2549-6255 (Online)

[img]
Preview
Text
Laporan TA Nouval Irfan Faruqi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran pada saat pandemi Covid-19 dilakukan secara daring dengan tujuan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi menggunakan media pembelajaran online. Seluruh Sekolah Menengah Atas telah menerapkan pembelajaran online, salah satunya SMAN 1 Bukit Batu. Hal ini bertujuan agar proses pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung. Pembelajaran online memiliki keunggulan dan kelemahan yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran PKOK yang bersifat teori dan praktek. Maka perlu dilakukan penilaian terhadap belajar teori dan praktek PJOK untuk mengetahui efektivitas dari keduanya. Penelitian penggunaan 6 kriteria dan membandingkan model pembelajaran teori dan praktek PJOK untuk menentukan model yang terbaik. Metode yang digunakan yaitu Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) dengan pendekatan kuantitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui survei. Terdapat 193 responden yaitu seluruh siswa kelas 12 SMAN 1 Bukit Batu sebagai populasi pada penelitian ini. Hasil perhitungan menggunakan metode MAUT terhadap efektivitas penggunaan media pembelajaran online dimasa pandemi covid19 menghasilkan pilihan pada penilaian mata pelajaran Teori (0) sebagai penilaian terendah, sedangkan mata pelajaran Praktek (0.32) sebagai penilaian tertinggi. Penilaian ini menyatakan bahwa pembelajaran daring dapat dikatakan efektif untuk mata pelajaran bersifat praktek, sedangkan pada mata pelajaran bersifat teori lebih efektif jika dilakukan luring.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIDRIA MAITA, -2013057901idriamaita@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Jun 2024 00:20
Last Modified: 11 Jun 2024 00:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79242

Actions (login required)

View Item View Item