Silvia Herlena (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012197.pdf Download (441kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi Bangun Ruang Siswa Kelas IV SDN 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Agar penelitian ini berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya, maka tahapan-tahapan yang akan dilalui adalah perencanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi, Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar pada materi bangun ruang. Ketuntasan siswa pada sebelum tindakan hanya mencapai 11 orang siswa (55,00%) yang tuntas, sedangkan 9 orang siswa (45,00%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 13 orang siswa (65,00%) yang tuntas. Sedangkan 7 orang siswa (35,00%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 85,00% atau sekitar 17 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 06:50 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 06:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7924 |
Actions (login required)
View Item |