Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Meteri Pola Keruangan Desa dan Kota Kelas XII IPS di SMA IT Al Fityah Pekanbaru

MUHAMMAD ILHAM HANAFI, - (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Meteri Pola Keruangan Desa dan Kota Kelas XII IPS di SMA IT Al Fityah Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Keaktifan belajar siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri, kemandirian, dan daya ingat siswa, serta membantu siswa dalam melatih memecahkan permasalahan dalam sehari-hari. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah Brainstorming. Metode Brainstorming merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk melatih siswa dalam berpendapat, berfikir kritis serta mampu dalam memecahkan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Brainstorming terhadap keaktifan belajar siswa pada materi pola keruangan desa dan kota kelas XII IPS di SMAIT Al Fityah Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pretest dan posttest, Uji Hipotesis T-Tes dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Brainstorming berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. pada hasil pretest rata-rata skor adalah 61,52. Sedangkan hasil posttest rata-rata skor adalah 77.57. berdasarkan perhitungan statistik Uji T-Test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil Uji N-Gain penggunaan metode Brainstorming dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 51 % dari sebelum diberi perlakuan sampai setelah diberikan perlakuan, hal ini terlihat dari skor rata-rata N-Gain yaitu sebesar 0,509 yang termasuk dalam kategori sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNelvawita, -2026107402witanelva@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:14
Last Modified: 11 Jun 2024 02:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79236

Actions (login required)

View Item View Item