SYERLY VANESHA, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 2 Tambang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran picture and picture tehadap hasil belajar geografi pada mata pelajaran geografi di SMAN 2 tambang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 71. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI.9 untuk kelas kontrol dengan perlakuan konvensional dan siswa kelas XI.10 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan model picture and piture. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest hasil belajar siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik dengan uji T-Test. Setelah dilakukan pengujian dapat diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penggunaan model picture and picture. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model picute and picture pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Lingkungan dan kependudukan. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (pretest dan posttest) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan perbandingan 73,2% dan 42,2%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2024 01:51 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2024 01:51 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79234 |
Actions (login required)
View Item |