Hertina (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 024 MERANGIN KECAMATAN BANGKINANG BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012195.pdf Download (510kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa penerapan strategi pembelajaran inside-outside circle dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi mengenal aktivitas ekonomi masyarakat siswa kelas IV SDN 024 Merangin Kecamatan Bangkinang Barat. Rumusan masalahnya adalah “ Apakah penerapan strategi pembelajaran inside-outside circle dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi mengenal aktivitas ekonomi masyarakat siswa kelas IV SDN 024 Merangin Kecamatan Bangkinang Barat?” Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 024 Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi pembelajaran inside-outside circle. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, ditemukan bahwa penerapan strategi pembelajaran inside-outside circle dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi mengenal aktivitas ekonomi masyarakat siswa kelas IV SDN 024 Merangin Kecamatan Bangkinang Barat. Pada pembelajaran pra tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 18 siswa yaitu 8 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 44,44%. Sedangkan melalui penerapan strategi pembelajaran insideoutside circle, pada siklus I diperoleh 11 siswa tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 61,11%. Pada siklus II diperoleh 13 siswa tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 72,22%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 06:47 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 06:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7921 |
Actions (login required)
View Item |