Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN ZAKAT PEMILIK LAHAN KARET DI SELATPANJANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI MENURUT FIQIH ZAKAT (Studi pada pemilik lahan karet Desa Sungai Cina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti)

SITI RAHMAWATI, - (2024) PELAKSANAAN ZAKAT PEMILIK LAHAN KARET DI SELATPANJANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI MENURUT FIQIH ZAKAT (Studi pada pemilik lahan karet Desa Sungai Cina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI RAHMAWATI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Rahmawati, (2024): “PELAKSANAAN ZAKAT PEMILIK LAHAN KARET DI SELATPANJANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI MENURUT FIQIH ZAKAT (Studi pada pemilik lahan karet Desa Sungai Cina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti)” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan zakat pemilik lahan karet di Desa Sungai Cina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan, untuk memperoleh data primer. Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisi data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwasanya pelaksanaan zakat pemilik lahan karet di Desa Sungai Cina Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti sebagian pemilik lahan karet untuk pembayaran dan perhitungan zakat karet ada yang sudah sesuai dengan Fiqih Zakat dilihat dari haul nishab dan kadar zakatnya sudah memenuhi syarat. Kemudian ada juga sebagian pemilik lahan karet di Desa Sungai Cina yang belum sesuai pembayaran dan metode perhitunganya dengan tinjauan Fiqih Zakat. ada beberapa perbedaan dalam menghitung dan menentukan nishab dan haul pada zakat karet, pemilik lahan karet menghitung sesuai sepengetahuan mereka saja pada pemilik yang menghitung zakat nya belum sampai pada haul nya atau belum mencukupi waktunya dan nishab zakat yang di hitung juga belum mencukupi, mereka membayar zakat ada yang setelah hanya sebulan panen sudah di bayarkan faktor yang menjadi perbedaan tersebut ialah kurangnya pengalaman dan kurang nya mencari atau bertanya pengetahuan tentang zakat karet pada lembaga yang ada di Desa Sungai Cina. Kata kunci : Zakat, Karet, Fiqih Zakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJOHARIJOHARI196403201991021001@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMUTASIR2008058501muatasir@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:33
Last Modified: 07 Jun 2024 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79198

Actions (login required)

View Item View Item