Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD BABUSSALAM PEKANBARU

Tiara Trirahmayati, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRISPSI TIARA TRIRAHMAYATI- SELAIN BAB IV.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI TIARA- BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tiara Trirahmayati,(2024): Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan peajaran IPS di kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya satu orang guru dan 17 siswa sementara objeknya adalah model pembelajaran Course Review Horay dan motivasi belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melaui model pembelajaran Course Review Horay. Grafik peningkatannya tampak dari data observasi pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata motivasi belajar siswa hanya 57,7. Sementara pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 69,9. Adapun pada siklus II motivasi belajar siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 84,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS di SD Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Course Review Horay

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhan2017107301-
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:46
Last Modified: 07 Jun 2024 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79176

Actions (login required)

View Item View Item