Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEBIJAKAN PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DIBIDANG PERKEBUNANAN KELAPA SAWIT DI DESA KOTO CENGAR (BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2014 TENTANG ATURAN PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA)

FEBY ANDINI SUNARTO, - (2024) KEBIJAKAN PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DIBIDANG PERKEBUNANAN KELAPA SAWIT DI DESA KOTO CENGAR (BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2014 TENTANG ATURAN PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBY ANDINI SUNARTO.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Feby Andini Sunarto (2024): Kebijakan Pemerintahan Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Dibidang Perkebunan Kelapa Sawit Di Desa Koto Cengar (Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Aturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan terkait pemberdayaan masyarakat dibidang perkebunan kelapa sawit, dimana tidak ada pelatihan, pembinaan ataupun sosialisasi dari Desa, pembagian pupuk subsidi dan bibit kelapa sawit yang kurang merata, juga banyak hewan liar dan lahan yang tidak terkelola dengan baik, dan ekonomi masyarakat yang tidak terangkat, padahal Pemerintahan desa dapat membuat kebijakan dengan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Aturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Ketertarikan dalam meneliti karna lokasi tersebut memiliki sumber daya alam dan mata pencaharian utama masyarakat adalah dibidang perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kebijakan Pemerintahan Desa terhadap pemberdayaan masyarakaat dibidang perkebunan kelapa sawit di Desa Koto Cengar, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Aturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Penelitian ini tergolong penelitian hukum empiris, dimana penulis secara langsung turun kelapangan untuk melakukan observasi mencari data yang diperlukan. Dengan menggunakan pendekatan pelaksanaan hukum maka dipergunakan data primer dan data sekunder dimana data sekunder terdiri dari bahan hukum primer, dan sekunder. Teknik sampel yang digunakan yakni purposive sampling, yang didasarkan pada pertimbangan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket atau kuesioner, studi kepustakaan. Serta menggunakan analisis data kualitatif dengan penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian ini adalah kebijakan Pemerintahan Desa terhadap pemberdayaan masyarakat dibidang perkebunan kelapa sawit di Desa Koto Cengar meliputi penyaluran bantuan, perlindungan lingkungan, penyediaan sarana dan prasarana tani, pemantauan penggunaan lahan hingga melakukan kerja sama dengan pihak terkait, namun hal tersebut belum terbentuk dan terlaksana sesuai dengan peraturan yang berkaitan. Faktor yang memengaruhi kebijakan hukum pemerintahan Desa terhadap pemberdayaan masyarakat dibidang perkebunan kelapa sawit ialah sumber daya, pengetahuan hukum dan pembinaan serta pelatihan kepada petani kelapa sawit yang masih sulit terlaksana. Kata Kunci : Kebijakan, Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNUR HIDAYAT-nurhidayat@uin-suska.ac.id
Thesis advisorILHAM AKBAR2011048202ilham.unilak@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:32
Last Modified: 07 Jun 2024 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79166

Actions (login required)

View Item View Item