Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENERBITAN AKTA KELAHIRAN ANAK TERLANTAR DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA PEKANBARU NOMOR 4 TAHUN 2023 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

AWALIA RAMADANI, - (2024) PELAKSANAAN PENERBITAN AKTA KELAHIRAN ANAK TERLANTAR DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA PEKANBARU NOMOR 4 TAHUN 2023 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AWALIA RAMADANI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

ABSTRAK Awalia Ramadani (2023): Pelaksanaan Penerbitan Akta Kelahiran Anak Terlantar di Kota Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kota Pekanbaru, tahun 2023 ada 25 kasus anak terlantar dan 5 anak belum mendapatkan akta kelahiran. Untuk menjamin terhadap pemenuhan hak untuk anak terlantar maka ia berhak mendapatkan identitas yang mana dimuat dalam bentuk akta kelahiran. Hak atas akta kelahiran merupakan salah satu hak anak yang harus dipenuhi, sesuai yang dimuat dalam Pasal 27 Ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan penerbitan akta kelahiran anak terlantar di Kota Pekanbaru berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan apa faktor penghambat dalam penerbitan akta kelahiran anak terlantar di Kota Pekanbaru berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Tahap selanjutnya penarikan kesimpulan yang penulis lakukan adalah dengan cara deduktif. Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan penerbitan akta kelahiran anak terlantar di Kota Pekanbaru yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru sudah sesuai Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraaan Administrasi Kependudukan, yang dimana anak yang proses kelahirannya tidak diketahui dan orang tuanya tidak diketahui keberadaannya, pembuatan akta kelahiran untuk anak tersebut didasarkan pada keterangan orang yang menemukannya dan dilengkapi berita acara pemeriksaan kepolisian. Adapun faktor penghambat pelaksanaan penerbitan akta kelahiran anak terlantar di Kota Pekanbaru yaitu pertama kurangnya persyaratan dari pemohon dan tidak adanya kepastian hari penyelesaian pembuatan akta kelahiran, kedua kurangnya kesadaran masyarakat atas begitu penting nya dokumen pencatatan sipil, ketiga kurangnya sosialisasi yang diberikan oleh dinas kepada masyarakat bagaimana cara kepengurusan akta kelahiran, keempat faktor proses perkawinan kedua orang tua anak, kelima faktor asal-usul anak tersebut. Kata kunci: Pelaksanaan Hukum, Akta Kelahiran, Anak Terlantar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorABU SAMAH2012066702abusamah@uin-suska.ac.id
Thesis advisorILHAM AKBAR2011048202ilham.unilak@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:26
Last Modified: 07 Jun 2024 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79163

Actions (login required)

View Item View Item