PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH Al-ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Mardianti, (2012) PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH Al-ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201215.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu komunikasi guru (variabel bebas/independen/ atau variabel X) dan Kecerdasan Emosional Siswa (variabel dependen/ terikat/ variabel Y). Tujuan penelitian dalam ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI Madrasah AL Islam Rumbio Kecematan Kampar Kabupaten Kampar. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan yang menimbulkan efek tertentu, sedangkan kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Siswa Kelas XI berjumlah yang berjumlah 30 orang dan satu orang guru ekonomi dari MA Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini penulis menggunkan teknik angket,wawancara dan dokumentasi dan untuk mendapatkan informasi tentang data siswa serta sejarah sekolah digunakan dokumentasi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik regresi linier dengan metode kuarti terkecil produk moment. Untuk menganalisanya penulis menggunakan bantuan program SPSS (Statistikal Program Society Science) versi 16.0 Berdasarkan penyajian dan analisis data, diketahuni tingkat pengaruh kedua variabel yaitu 0,522. Koefesien derteminan (R square) adalah 0,273. Kontribusi komunikasi guru terhadap kecerdasan emosional siswa adalah sebesar 0,273 X 100% = 27,3% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dapat disimpulkan “Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Al Islam Rumbio kecamatan Kampar kabupaten Kampar, dapat disimpulkan Ha ditolak Ho diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Sep 2016 04:03
Last Modified: 22 Sep 2016 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7915

Actions (login required)

View Item View Item