Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

CHAIRUNISAH NOVITRI, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Chairunisah Novitri, (2023): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Bentuk Aljabar untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Bentuk Aljabar yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMPN 2 Logas Tanah Darat. Subjek penelitian ini adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa kelas VII SMPN 2 Logas Tanah Darat. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi bentuk aljabar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan soal post-test. Instrumen penelitian berupa instrument validasi yang terdiri lembar validasi instrument penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrument kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrument keefektifan yaitu soal post-test. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis Inkuiri Terbimbing dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 90,86%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 10 siswa diperoleh bahwa LKS berbasis Inkuiri Terbimbing sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 87,88% dan untuk kelompok terbatas yaitu 88,69 %. Hasil uji post-test diperoleh nilai yaitu 7,1199 1,67528495. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control. Hal tersebut menunjukan bahwa LKS matematika berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi bentuk aljabar yang telah dkembangkan memiliki dampak terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Inkuiri Terbimbing, Bentuk Aljabar, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorADE IRMA, -2018088701ade.irma@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:17
Last Modified: 06 Jun 2024 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79141

Actions (login required)

View Item View Item