Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI PEMERINTAH KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI “PEKANBARU DALAM GENGGAMAN”

Asyari Jumah Husna, Asyari (2024) KOMUNIKASI INOVASI PEMERINTAH KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI “PEKANBARU DALAM GENGGAMAN”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka meningkatkan efisiensi pelayanan publik, pemerintah Kota Pekanbaru melalui Diskominfotiksan Kota Pekanbaru mengadopsi strategi inovatif dengan menghadirkan sebuah layanan dan informasi digital yang menyatukan informasi dan layanan publik secara terintegrasi. Layanan ini dikenal dengan nama "Pekanbaru dalam Genggaman". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi inovasi Pemerintah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan pelayanan publik melalui aplikasi Pekanbaru dalam Genggaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menganalisis menggunakan teori Difusi Inovasi menurut Everett M.Rogers yakni inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sistem sosial. Hasil temuan pada penelitian menunjukkan bahwa inovasi pada Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman dibentuk guna memudahkan masyarakat mengakses berbagai informasi dan layanan yang tersedia di Kota Pekanbaru. Media massa dan internet dianggap menjadi saluran komunikasi yang efektif dalam menyebarkan informasi yakni penggunaan berita online, website pemerintah kota Pekanbaru, instagram, facebook, dan youtube. Jangka waktu dari pengembangan hingga launching memakan waktu sekitar tiga bulan dimulai dari bulan Juni hingga bulan September, dengan jumlah pengguna aktif 1.200 lebih pengguna. Sistem sosial ini melibatkan Diskominfotiksan Kota Pekanbaru, Pemerintah Kota Pekanbaru, OPD, dan Masyarakat Kota Pekanbaru. Hal ini menunjukkan bahwa Inovasi Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman pelayanannya belum sepenuhnya menyasar pada lapisan masyarakat, masih terdapat keluhan dalam penggunaan aplikasi, tidak memberikan sosialisasi secara lansung kepada masyarakat, serta tidak menggunakan Opinion Leader dalam penyebaran inovasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhammad Badri2013038101UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Inovasi, Pelayanan Publik, Pekanbaru Dalam Genggaman
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:28
Last Modified: 07 Jun 2024 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79139

Actions (login required)

View Item View Item