Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI SAHAM SYARIAH MELALUI APLIKASI MOST

SAFRIJAL, - (2024) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI SAHAM SYARIAH MELALUI APLIKASI MOST. Skripsi thesis, Universita Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Safrijal, (2024): Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Praktik Jual Beli Saham Syariah Melalui Aplikasi MOST. Penelitian ini dilatar belakangi dari transaksi jual beli saham yang masih belum jelas terkait pendapatannya, apakah nasabah dalam praktiknya telah sesuai dengan prinsip syariah dan masih banyak dari masyarakat yang beragumen bahwa mekanisme transaksi perdagangan saham syariah bertentangan dengan hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli saham syariah yang dilakukan melalui aplikasi MOST, apa saja risiko saham syariah yang dapat terjadi dalam jual beli saham syariah yang dilakukan melalui aplikasi MOST, dan bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik jual beli saham syariah yang dilakukan melalui aplikasi MOST. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana mekanisme praktik jual beli saham syariah yang dilakukan melalui aplikasi MOST. Untuk mengetahui risiko saham syariah yang dapat terjadi dan tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik jual beli saham syariah yang dilakukan melalui aplikasi MOST. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan metode peneltian pustaka (Library Research), dilakukan di aplikasi MOST. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah mandiri sekuritas yang bertransaksi di aplikasi MOST Syariah. Situasi sosial pada penelitian ini adalah tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik jual beli saham syariah melalui aplikasi MOST, dalam hal ini digunakan metode sampling insidental untuk pengambilan sampel sebanyak 3 orang dari orang yang bertraksaksi pada aplikasi MOST Syariah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, pertama untuk dapat bertransaksi saham syariah diaplikasikan dengan membuka akun untuk melakukan transaksi jual/beli saham syariah. Kedua, pada saham syariah juga terdapat beberapa resiko seperti capital loss, suspensi dan saham keluar dari daftar efek syariah. Ketiga, perspektif fiqh muamalah terhadap pratik spekulasi pada jual beli saham syariah bahwa praktik tersebut tidak bisa dikatakan sah secara hukum Islam (haram). Sebab bertentangan dengan konsep jual beli yang tidak diperbolehkan sedikitpun ada unsur maisir dalam transaksi jual beli saham. Kata Kunci: Investasi, Saham Syariah, Fiqh Muamalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZURAIDAH, -2013087101zuraidah@uin-suska.ac.id
Thesis advisorKAMIRUDDIN, -2018107701kamir.ruddin@yahoo.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:20
Last Modified: 05 Jun 2024 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79128

Actions (login required)

View Item View Item