Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT FISIK ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN JUS BUAH NANAS (Ananas comosus L Merr) PADA KONSENTRASI BERBEDA

ALFAN HIDAYAT MAULUDI, - (2024) SIFAT FISIK ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN JUS BUAH NANAS (Ananas comosus L Merr) PADA KONSENTRASI BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV ALFAN HIDAYAT MAULUDI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV ALFAN HIDAYAT MAULUDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

SIFAT FISIK ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN JUS BUAH NANAS (Ananas comosus L Merr) PADA KONSENTRASI BERBEDA Alfan Hidayat Mauludi (11980112635) Di bawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Deni Fitra INTISARI Susu sapi bermanfaat menunjang pertumbuhan dan kesehatan tubuh, baik bagi anak-anak, remaja maupun dewasa, sehingga untuk meningkatkan kosumsi susu dilakukan olahan seperti es krim. Salah satu bahan nabati yang digunakan dalam pembuatan es krim adalah nanas. Nanas memiliki kandungan serat yang tinggi. Vitamin A,Vitamin C sebagai anti oksidan. Buah nanas memiliki rasa manis hingga keasaman. Kandungan asam sitrat dan asam malat yang tinggi meningkatkan cita rasa, menutupi bau dan memberikan efek penyegaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan jus buah nanas (Ananas comosus L Merr) sampai konsentrasi 15% ditinjau dari overrun, daya leleh, dan total padatan es krim susu sapi. Pada konsentrasi berbeda, ditinjau dari kualitas fisik meliputi overrun, total padatan, serta meningkatkan daya leleh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah jus buah nanas yaitu P0 = jus buah nanas 0%, P1 = jus buah nanas 5%, P2 = jus buah nanas 10% dan P3 = jus buah nanas 15%. Parameter yang diamati yaitu kualitas fisik meliputi overrun, total padatan dan daya leleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan jus buah nanas dengan konsentrasi sampai 15% tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap overrun dan total padatan, berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap daya leleh. Kesimpulan penelitian ini penambahan jus buah nanas dengan konsentrasi 0% sampai 15% dapat mempertahankan kualitas fisik meliputi overrun, total padatan, serta meningkatkan daya leleh, dengan overrun 18,98-23,79%, rata-rata daya leleh 12,98-13,59 menit dan rata-rata total padatan 42,62-46,12%. Kata kunci: Susu sapi, jus buah nanas, es krim, sifat fisik, overrun, daya leleh, dan total padatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIRDHA MIRDHAYATI2027077702UNSPECIFIED
Thesis advisorDENI FITRA2001068601UNSPECIFIED
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:26
Last Modified: 04 Jun 2024 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79121

Actions (login required)

View Item View Item