Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN TERAPI SENSORI INTEGRASI DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI HUMANIKA PSYCHOLOGY CENTER KOTA PEKANBARU

NURRIYAH SA’KBANA, - (2024) PELAKSANAAN TERAPI SENSORI INTEGRASI DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI HUMANIKA PSYCHOLOGY CENTER KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB V NURRIYAH SA’KBANA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V NURRIYAH SA’KBANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nurriyah Sa’kbana Jurusan : Bimbingan Konseling Islam Judul : Pelaksanaan Terapi Sensori Integrasi Dalam Meminimalisir Prilaku Hiperaktif Pada Anak Attention Deficit Hypractivity Disorder (ADHD) di Humanika Psychology Center Kota Pekanbaru Anak ADHD merupakan anak yang mengalami gangguan mental yang menyebabkan anak sulit untuk memfokuskan perhatiannya dan mengendalikan prilaku hiperaktif. Perlunya pengobatan atau pemberian terapi penunjang untuk mengatasi permasalahan anak ADHD dan di harapkan anak dapat berprilaku normal sesuai dengan harapan yang diinginkan orang tua. Peneltian ini dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk meninjau, mengetahui dan mendalami tentang bagaimana Pelaksanaan terapi sensori integrasi dalam meminimalisir prilaku hiperaktif pada anak ADHD di Humanika Psychology Center Kota Pekanbaru tersebut. Dalam penelitian ini metode yang digunaka peneliti yakni dengan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, sumber data yang diperoleh dalam penenlitiann ini yaitu data primer dan data skunder. Informan dalam penelitian ini yaitu dua orang terapis dan tiga orang anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan gangguan Hiperaktif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Pelaksanaan Terapi Sensori Integrasi dalam Meminimalisir Prilaku Hiperaktif Pada anak ADHD dengan beberapa langkah dan tahapan yakni assessment baik itu dengan observasi anak dan wawancara orang tua, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau monitoring, dan tahap akhir evaluasi atau pemeliharaan, dapat membantu anak ADHD dalam mengurangi prilaku hiperaktif, anak bisa lebih tenang, meningkatkan fokus anak, memperbaiki masalah sosial dan emosionalnya, dan berprilaku lebih terarah. Kata Kunci: Terapi Sensori Integrasi, Prilaku Hiperaktif, Anak ADHD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSILAWATI,2002096901UNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:11
Last Modified: 04 Jun 2024 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79111

Actions (login required)

View Item View Item