ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN BERGENRE PRODUK KEBERSIHAN PADA STASIUN RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA (RCTI)

Hari Jummaulana, (2013) ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN BERGENRE PRODUK KEBERSIHAN PADA STASIUN RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA (RCTI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201384KOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Eksistensi berbagai televisi swasta di Indonesia memberikan nuansa beragam kepada pemirsa sehingga ada altenatif pilihan program yang ditawarkan oleh stasiun televisi itu. Operasional televisi swasta tersebut sangat tergantung pada adanya dana dari sponsor untuk membiayai berbagai program yang ditawarkan tersebut. Sumber dana operasional televisi swasta itu antara lain dari iklan, bantuan lembaga ataupu perorangan yang memberikan sumbangan. Salah satu jenis iklan yang sering ditayangkan di televisi, khususnya RCTI adalah iklan produk kebersihan. Karena berbagai produk iklan kebersihan yang ditayangkan di televisi itu, penulis memfokuskan penelitiannya pada iklan produk kebersihan yang terdiri dari iklan rinso, so klin dan surf saja. Perumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Bagaimanakah kecenderungan iklan bergenre produk kebersihan (rinso, soklin dan surf) di Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI)? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kecenderungan iklan bergenre produk kebersihan (rinso, soklin dan surf) di Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI). Iklan yang ditampilkan itu mengandung semiotik atau semiotika, yaitu tanda atau lambang yang mengandung makna tertentu. Berbagai jenis semiotika yang membahas makna tanda atau lambang atau simbol. Dalam penelitian ini penulis mempofuskan pembahasan tanda berdasarkan jenis semiotik yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu: (1) Semiotik Pragmatik; (2) Semiotik Sintaktik; dan (3) Semiotik Semantik. Ketiga iklan produk kebersihan (rinso, so klin dan surf) dianalisis berdasarkan ketiga jenis semiotik tersebut. Penulis menganalisis ucapan/narasi, ekspresi dari para bintang iklan serta tulisan yang ditampilkan dalam ketiga iklan produk kebersihan tersebut. Setelah melakukan analisis secara kualitatif terhadap ucapan/narasi, ekspresi dan tulisan yang ditampilkan pada tiga iklan produk kebersihan tersebut, penulis menemukan hasil analisisnya adalah sebagai berikut: (1) Kecenderungan iklan bergenre produk kebersihan Rinso di Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) adalah Semiotik Pragmatik dan Semiotik Sintaktik; (2) Kecenderungan iklan bergenre produk kebersihan So Klin di Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) adalah Semiotik Sintaktik dan Semiotik Semantik; dan (3) Kecenderungan iklan bergenre produk kebersihan Surf di Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) adalah Semiotik Pragmatik dan Semiotik Sintaktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 23:48
Last Modified: 21 Sep 2016 23:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7911

Actions (login required)

View Item View Item