Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX MTs HASANAH PEKANBARU

MELATI, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX MTs HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MELATI(2024) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX MTs HASANAH PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas IX MTs Hasanah Pekanbaru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Pertamatama dilakukan pengukuran, lalu dikenakan perlakuan untuk jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran untuk kedua kalinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Hasanah Pekanbaru berjumlah 112 orang, yang terbagi dalam lima kelas, yaitu kelas IX.1, IX.2, IX.3, IX.4, dan IX.5, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes berbentuk keterampilan, yaitu berupa tes menulis cerpen (Pretest & Posttest), observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Paired sampel t-Test merupakan uji beda dua sampel berpasangan. Asumsi dasar penggunaan uji ini adalah observasi atau penelitian untuk masing-masing pasangan harus dalam kondisi yang sama. Perbedaan rata-rata arus berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji Paired sampel t-Test diketahui bahwa t hitung adalah 47,9 dengan probabilitas atau tingkat signifikansi 0,000 (p value < 0,05) maka Ho dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film animasi terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX MTs Hasanah Pekanbaru. Kata Kunci : Menulis Teks Cerpen, Unsur-Unsur Cerpen, Media Film Animas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorVERA SARDILA2015027401verasardila@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jun 2024 05:24
Last Modified: 04 Jun 2024 05:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79095

Actions (login required)

View Item View Item