Rian Hidayat (2013) KOMUNIKASI PUBLIK PROGRAM SIARAN RADIO REPUBLIK INDONESIA PEKANBARU DALAM MEMPEROLEH IKLAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201372KOM.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji secara ilmiah komunikasi publik program siaran Radio Republik Indonesia Pekanbaru dalam memperoleh iklan. Industri media mendapatkan keuntungan dari pengiklan. RRI Pekanbaru merupakan lembaga penyiaran publik yang beriorientasi kepada keuntungan mendapatkan pengiklan dari jasa siaran dan jasa non siaran dan RRI Pekanbaru memiliki satu bidang yang menangani tentang iklan tersebut yang menjadi sumber penelitian. Dalam hal ini peneliti merasa tertarik untuk mengkaji lebih tentang bagaimana komunikasi publik program sairan yang dilakukan pihak RRI Pekanbaru dalam memperoleh iklan. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi pemasaran oleh Philip Kottler dengan konsep P4 yaitu; Product (produk atau jasa), Price (harga atau tarif), Promotion (Promosi) dan Place (Tempat dan Pelayanan) atau yang lebih dikenal dengan Marketing Mix. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah RRI Pekanbaru dengan melakukan wawancara kepada bagian bidang layanan dan pengembangan usaha. Selain melalui wawancara pengumpulan data juga dilakukan dengan observasi langsung, dokumentasi, dan rekaman arsip. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam memperoleh iklan RRI Pekanbaru melakukan analisis penentuan dengan advertiser based segmentation, dimana tidak mementingkan nama, model dan bentuk sebuah produk atau jasa akan tetapi melihat apakah iklan yang disampaikan mengarah pada sasaran, patut dan layak didengarkan oleh pendengar. RRI Pekanbaru melakukan penetapan harga yang diberikan dari dewan direksi dengan format harga berupa Prime Time Price, Regular Time Price, dan Random on Schedule Price, dan juga melakukan sistem barter kepada pengiklan. Selain itu RRI Pekanbaru melakukan kegiatan publikasi dari program siaran untuk memperoleh iklan dengan menggunakan personal selling antara pihak RRI Pekanbaru sendiri dengan pihak pengiklan. Dalam menarik perhatian pengiklan pelayanan RRI Pekanbaru memberikan kenyamanan dengan peran contact excellence agar pengiklan merasakan kenyamanan dalam hubungan berbisnis. Kata Kunci: Komunikasi, Pemasaran, Radio, Iklan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 23:24 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 23:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7903 |
Actions (login required)
View Item |