Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Berbasis Makārim Al-Syarī’ah Serta Implikasinya Pada Profesionalisme Guru Se-MAN Kota Pekanbaru.

Dian Namora, - (2024) Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Berbasis Makārim Al-Syarī’ah Serta Implikasinya Pada Profesionalisme Guru Se-MAN Kota Pekanbaru. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dian Namora (2024) :Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Berbasis Makārim Al-Syarī’ah Serta Implikasinya Pada Profesionalisme Guru Se-MAN Kota Pekanbaru. Penelitian untuk mengkonstruk konsep Makārim Al-Syarī’ah sebagai basis kompetensi kepribadian dan sosial guru serta mengkonstruk bagaimana implikasinya sebagai kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial bagi profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Sumber data primer terdiri atas wawancara dengan informan, hasil observasi di lapangan serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan hasil penelitian, sedangkan sumber data sekunder terdiri atas sumber-sumber tertulis yang relevan dengan hasil penelitian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi nonpartisapasif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan Kompetensi kepribadian berbasis Makārim Al-Syarī’ah adalah: memiliki sifat berfikir dan berfikir kritis, kemampuan menggunakan informasi, memberikan nasehat, memiliki wawasan, mampu mengubah paradigma, refleksi diri, pengelolaan konflik yang positif, menyebarkan kebenaran, gigih, disiplin, memperhatikan sikap, berakuntabilitas, berdedikasi, self empowerment, prioritas siswa, mengontrol emosi, menunujukkan peforma, integritas, tekad, tegas, rendah hati, pembuka wawasan, moral, proporsional. Adapun Konsep Makarim AlSyariah sebagai basis kompetensi sosial guru adalah: ramah tamah, kolaborasi dengan siswa, kemampuan beradaptasi, menginspirasi, mementingkan etika, merespon dalam komunikasi, mendistribusikan pengetahuan, kolaborasi dengan teman sejawat, berbagi informasi dengan orangtua, dan pelayan publik, teman pemicu, menerima konsekuensi, berkomunikasi secara bermartabat, berani menyampaikan kebenaran, berani mengakui kesalahan, saling menghargai dan menghormati, publik figure, lemah lembut, komunikasi jelas, kecerdasan interpersonal, bersikap sewajarnya, dermawan, bersahaja, memiliki komunikasi yang harmonis, tidak menyombongkan diri. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial pada ‘adalah dan Ihsan adalah puncak dari kemampuan jiwa setelah dibersihkan serta implikasinya memberikan nilai sesuai dengan kemampuan siswa, mendistribusikan ilmu secara merata kepada siswanya, memperlakukan siswa tanpa membeda-bedakan. Implikasi Makārim Al-Syarī’ah sebagai kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial memiliki dampak positif bagi guru. Pada aspek output memberikan pemahaman dan pembinaan mendalam secara konteks Islam, Pada aspek outcome memiliki dampak positif seperti bijak mengambil keputusan, bijaksana dalam bersikap, peduli, problem solver, mengarahkan potensi peserta didik, tangguh, Attitude, dan Strengthening Professionalism. Kata kunci: Makārim Al-Syarī’ah, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Profesionalisme guru .

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAmril Mansur, -2031125601amrilm@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSyahraini Tambak, -110180875016syahraini_tambak@fis.uir.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 02 Jun 2024 02:38
Last Modified: 02 Jun 2024 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79027

Actions (login required)

View Item View Item