KEBIJAKAN DINAS SOSIAL DALAM MENGATASI GELANDANGAN DAN PENGEMIS MENURUT FIQIH SIYASAH (Studi di Dinas Sosial Kota Pekanbaru)

Amiruddin, (2010) KEBIJAKAN DINAS SOSIAL DALAM MENGATASI GELANDANGAN DAN PENGEMIS MENURUT FIQIH SIYASAH (Studi di Dinas Sosial Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201155.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “KEBIJAKAN DINAS DINAS SOSIAL DALAM MENANGGULANGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH.” Adapun penulisan skripsi berlatar belakang dari banyaknya gelandangan dan pengemis yang ada dikota Pekanbaru padahal pemerintah telah mengeluarkan peraturan daerah dan kebijakan-kebijakan yang melarang aktivitas pergelandangan maupun pengemisan dijalur hijau dan tempat-tempat strategis. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni kebijakan yang telah dibuat oleh dinas sosial kota pekanbaru dan kendala dalam merealisasi kebijakan dalam penanggulangan gelandangan dan pengemis serta tinjauan fiqih siyasah dalam kebijakan dinas tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di dinas sosial dan pemakaman kota pekanbaru yang terletak dijalan sudirman. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalu wawancara dan observasi sebagai data primer yang dihimpun dari pihak pemerintah kota dan pejabat terkaid dalam hal ini adalah dinas sosial kota pekanbaru. Sedangkan data sekunder adalah data yang didapat dari buku-buku yang terkait langsung mengenai masalah yang diteliti, setelah data tersebut diproleh, lalu dianalisa dengan metode deskriptif analitik. Melalui wawancara dan observasi dilapangan diproleh hasil, setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan fiqih siyasah dengan menampilkan nash al-Quran, hadits dan kaedah fiqihiyah untyk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian-uraian yang disajikan dandari berbagai tinjauan, maka penulis memproleh jawaban bahwa kebijakan dinas sosial dalam menanggulangi gelandangan dan pengemis adalah suatu hal yangtidak sesuai dengan tinjuan fiqih siyasah dikarenakan pemimpin adalah orang yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kesejahteraan masyarakat yang dipimpinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.272 Islam dan Ilmu Politik, Politik Islam, Fundamentalisme Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 13 Jan 2016 08:45
Last Modified: 13 Jan 2016 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item