Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENCERITAKAN PERILAKU MASA KANAK-KANAK NABI MUHAMMAD SAW DI SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Rapami Yuta (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENCERITAKAN PERILAKU MASA KANAK-KANAK NABI MUHAMMAD SAW DI SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011149.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil belajar siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode bermain jawaban dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam mat materi menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad Saw di Sekolah Dasar Negeri 012 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Adapun subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 012 Koto Tuo yang berjumlah 22 orang. Sedangkan objeknya adalah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SDN 012 Koto Tuo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 012 Kota Tuo. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan terhitung mulai bulan Juli sampai dengan bulan September 2010. mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindak kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menganggu kelancaran penelitian ini, penulis menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) persiapan, 2) perencanaan, 3) observasi, dan refleksi. Berhasilnya penerapan metode bermain jawaban pada mata pelajaran Pendidikan Agama IAlam diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I masih dikatakan kurang berada pada nilai klasikal 58,4%, sedangkan pada siklus II hasil belajar telah mencapai nilai klasikal yaitu 70,9% siswa yang telah tuntas dalam belajar. Keadaan in telah menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan penerapan metode bermain jawaban dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:19
Last Modified: 22 Dec 2015 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item