“PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU”

Peryoly Tekwana, (2013) “PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201359KOM.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Fenomena maraknya masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri juga terjadi di Pekanbaru. Banyak dari warga Pekanbaru yang berobat ke Malaysia dan Singapura. Setiap bulan, sebanyak lebih dari 7.000 warga dari berbagai wilayah kabupaten atau kota di Riau, berpergian ke Malaysia dengan tujuan berobat ke tiap rumah sakit yang ada di sana (Heru Margianto, 2012). Menurunnya loyalitas pelanggan rumah sakit di Pekanbaru juga terjadi di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Berdasarkan data pra riset yang penulis peroleh, telah terjadi penurunan pelanggan sejak tahun 2011. Penurunan yang terjadi berlangsung secara fluktuatif hingga tahun 2012. Penurunan pelanggan di Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru membuktikan bahwa menurunnya loyalitas pelanggan yang berobat di Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru. Ini sangat berakibat fatal terhadap keberlangsungan rumah sakit.Pada dasarnya, dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru merupakan bagian unit kerja dari marketing public relations (pemasaran dan humas) dalam rumah sakit tersebut. Karena marketing public relations tidak berhenti sebatas pada memperkenalkan produk ke khalayak. Hubungan khalayak pun tidak hannya berhenti sebatas pada penjualan produk tetapi berlanjut sampai ke pelayanan pasca penjualan hingga tercipta kepuasan konsumen yang nantinya membentuk pelanggan yang setia (loyal) terhadap produk. Berdasarkan fenomena diataslah, penulis merumuskan permasalahan dalam penelitian sebagai berikut “Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit Islam ibnu Sina Pekanbaru”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing public relations terhadap loyalitas pelanggan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu angket. Angket disebar kepada 100 pelanggan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru, dan dokumentasi dari bidang Humas dan Marekting serta wawancara bersama kepala departemen Humas dan Marketing yang dianggap perlu untuk melengkapi data. Sedangkan metode penelitian yang dipakai adalah metode regresi linier sederhana. Metode ini akan menjawab mengenai pengaruh marekting public relations terhadap loyalitas pelanggan. Dan teknik analisa data kuantitatif dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang positif antara marketing public relations dan loyalitas pelanggan dengan besar koefisien korelasi adalah 0,545 berarti terdapat hubungan yang cukup kuat antara marketing public relations dan loyalitas pelanggan yaitu berada pada interval 0,40 – 0,60. Sedangkan dari hasil regresi linier sederhana, terdapat Koefisien X = 1.007, menunjukkan bahwa marketing public relations (X) berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (Y). Artinya, jika setiap kali variabel aktivitas marketing public relations (X) bertambah satu, maka variabel kepuasan pelanggan (Y) akan bertambah sebesar 1.007. Dari uji signifikan parsial diketahui besarnya nilai t tes sebesar 6.429 sedangkan besarnya signifikannya 0.000 lebih kecil dari 0.05. Dimana dalam tabel diatas nilai Thitung>Ttabel (6.429>1.98) yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa marketing public relations berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 23:05
Last Modified: 21 Sep 2016 23:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7898

Actions (login required)

View Item View Item