Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI PEMBAYARAN METODE QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) OLEH KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PROVINSI RIAU

NIDA UNNISAK, - (2024) KOMUNIKASI INOVASI PEMBAYARAN METODE QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) OLEH KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB V NIDA UNNISAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V NIDA UNNISAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nida Unnisak Nim : 12040326404 Jurusan : Ilmu Komunikasi ( Public Relation ) Judul : Komunikasi Inovasi Pembayaran Metode QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau Bank Indonesia meluncurkan Inovasi QRIS (Quick Respon Code Indonesian Standard) yaitu sebuah QR Code yang fungsinya sebagai sebuah metode pembayaran yang menjadi mode Universal dan digunakan oleh banyak orang, terutama bagi pelaku usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi inovasi metode pembayaran QRIS (Quick Respon Code Indonesian Standard) yang dianalisis berdasarkan 4 elemen difusi inovasi Everett M Rogers yaitu Inovasi, saluran komunikasi, waktu dan sistem sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan penelitian ini memiliki lima orang informan dari Pegawai Bank Indonesia Riau, UMKM dan Komunitas GenBI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau mendifusikan inovasi QRIS ke seluruh masyarakat baik itu pemerintahan, komunitas UMKM, Guru, Pelajar, Mahasiswa/i dan organisasi wanita. Terciptanya inovasi ini sebagai pelengkap dalam sistem pembayaran di Indonesia kemudian menggantikan sistem pembayaran elektronik yang sebelumnya hanya bisa dilakukan satu jalur namun dengan QRIS bisa digunakan berbagai dompet elektronik/Mobile Banking dengan satu QR Code. Sehingga pembayaran menjadi cepat, mudah, murah aman dan andal (CeMuMuAH). Saluran komunikasi menggunakan media massa radio yang bekerjasama dengan RRI Pekanbaru, Media internet seperti Website resmi Bank Indonesia, media social Instagram serta komunikasi interpersonal. Jangka waktu dimulai dari proses perencanaan ditahun 2019 sampai 2024 dengan 16 juta pengguna di Riau. Sistem sosial melibatkan Pemerintah Provinsi Riau, Bank Indonesia sebagai agen pembaharuan dan seluruh masyarakat sebagai penerima Inovasi metode pembayaran QRIS ini. Kata kunci: Komunikasi Inovasi, Metode Pembayaran, QRIS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr, Muhammad Badri, M. Si., -2013038101,UNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:13
Last Modified: 03 Jun 2024 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78935

Actions (login required)

View Item View Item