Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI TAHFIZH AL-QUR’AN DI KARANTINA MA’HAD TAFAQQUH DESA KAMPUNG BARU KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

MIA MIFTAHUL ALMA, - (2024) STRATEGI TAHFIZH AL-QUR’AN DI KARANTINA MA’HAD TAFAQQUH DESA KAMPUNG BARU KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Mia Miftahul Alma ( 2024 ) : Strategi Tahfizh Al-Qur’an Di Karantina Ma’had Tafaqquh Desa Kampung Baru Kabupaten Kampar Provinsi Riau Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi tahfizh Al-Qur‟an di karantina Ma‟had Tafaqquh Desa Kampung Baru Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi peserta karantina Ma‟had Tafaqquh dalam menghafal Al-Qur‟an. Dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur‟an di karantina Ma‟had Tafaqquh Desa Kampung Baru Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah penasehat, musyrifah, dan beberapa orang peserta karantina Ma‟had Tafaqquh Desa Kampung Baru Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, strategi yang digunakan peserta dalam menghafal Al-Qur‟an yaitu memahami ayat-ayat yang hendak dihafal, kemudian setelah memahami ayat demi ayat yang hendak dihafal peserta akan membaca ayat demi ayat secara berulang-ulang, setelah membaca ayat demi ayat secara berulang, barulah peserta mulai menghafal ayat demi ayat. Sebelum mereka benar-benar hafal satu ayat, maka peserta tidak akan melanjutkan ke ayat setelahnya. Setelah hafal sesuai target yang sudah dibuat peserta, barulah peserta menyetorkan hafalannya kepada para musyrif dan musyrifah. Kedua yaitu faktor-faktor yang mendukung dalam proses percepatan peserta dalam menghafal Al-Qur‟an diantaranya yaitu peserta sudah memiliki kemampuan tahsin yang cukup bagus, peserta sudah mengetahi bagaimana cara menghafal Al-Qur‟an, Kesehatan, kecerdasan, peserta yang rajin shalat tahajjud dan mulai menghafal Al-Qur‟an setelah shalat tahajjud, dan peserta yang selalu taat akan peraturan yang telah ditetapkan dikarantina Ma‟had Tafaqquh. Terakhir faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur‟an diantaranya yaitu, tidak sabar, malas, berputus asa, hati yang kotor dan banyak bermaksiat, semnagat dan keinginan yang lemah. Kata kunci : Strategi Tahfizh Al-Qur‟an dan Karantina Tahfizh Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorALWIZAR, -2022047001alwizarpba@gmail.com
Thesis advisorEVA DEWI, -2017057503evadewi@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:31
Last Modified: 03 Jun 2024 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78917

Actions (login required)

View Item View Item