Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA DUMAI NOMOR 1 TAHUN 2020 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA DUMAI

RIZALUL FIKRI, - (2024) HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA DUMAI NOMOR 1 TAHUN 2020 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA DUMAI. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizalul Fikri, (2024): Hak Atas Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Di Kota Dumai Penelitian skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan terhadap sarana, prasarana dan tenaga pendidik yang belum sesuai dengan standar pendidikan, dimana fakta yang terjadi dilapangan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Bunda yang membutuhkan alat bantu adaptif, Sekolah Luar Biasa (SLB) Assyfa Umaimah yang membutuhkan ruangan kelas yang cukup, Sekolah Luar Biasa (SLB) Dumai Care Education Centre yang membutuhkan tenaga pendidik yang linier dengan kejuruannya, serta Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kota Dumai (SLBN 1 Kota Dumai) yang membutuhkan buku. Maka hal ini menjadi ketidaksesuaian dari Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 1 Tahun 2020 yang mengatur Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas dengan apa yang telah diterapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Dumai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hak yang didapatkan bagi Penyandang Disabilitas di Kota Dumai serta untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Dumai untuk memenuhi hak pendidikan bagi Penyandang Disabilitas. Jenis penelitian ini adalah Hukum Sosiologis atau Empiris, dengan pendekatan efektifitas hukum yang bersifat deskriptif. Penelitian langsung ke lapangan yang berlokasi di Dinas Pendidikan Kota Dumai, informan penelitian terdiri dari 5 populasi dengan 5 sampel yang diambil terdiri dari 1 pihak Dinas Pendidikan Kota Dumai dan 4 Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Dumai. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah analisis secara deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas di Kota Dumai belum terselenggarakan secara optimal karena adanya hambatan anggaran dari pemerintah, kurangnya tenaga pendidik di sekolah luar biasa dari segi kuantitas maupun kualitas di karenakan jurusan dari tenaga pendidik tersebut tidak linier, serta kurangnya kontribusi dari Dinas Pendidikan Kota Dumai terkait penyediaan sarana dan prasarana yang tidak sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh setiap masing-masing anak penyandang disabilitas Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Hak Penyandang Disabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAFRINALDI2023098101idlanirfays@gmail.com
Thesis advisorBASIRBASIR 2015058202basir@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 May 2024 04:40
Last Modified: 28 May 2024 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78899

Actions (login required)

View Item View Item