Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Integrasi Kurikulum Cambridge dan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Pekanbaru.

Musthafa Kamal, - (2024) Integrasi Kurikulum Cambridge dan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Pekanbaru. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Musthafa Kamal (2023): Integrasi Kurikulum Cambridge dan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Pekanbaru. Globalisasi berpengaruh terhadap dunia pendidikan yang menimbulkan perubahan pola pembelajaran. Selain itu perkembangan teknologi dan informasi menimbulkan perubahan pola pendidikan sehingga pendidikan dituntut untuk melakukan inovasi dan perbaikan kualitas pendidikan. Salah satu upaya inovasi pendidikan yaitu dengan menerapkan integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran agar mencetak generasi muda berwawasan global dan mampu menyesuaikan diri terhadap masyarakat dunia. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan latar belakang penerapan integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran. 2). Menganalisis pola integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran. 3) Menganalisis implikasi dari integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Peneliti menjadi instrumen utama dengan metode pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis kemudian dicek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian yakni latar belakang penerapan integrasi kurikulum berupa visi dan tujuan madrasah yakni ingin menjadikan madrasah bertaraf international, pandangan civitas akademika tentang kebutuhan pendidikan dimasa mendatang, untuk membentuk sistem pengajaran, untuk menjadi madrasah teladan, untuk mencetak generasi berwawasan global dan religius, ingin menjadi madrasah percontohan /pilot project, karena kurikulum cambridge mudah diterapkan dengan kurikulum nasional. Pola penerapan integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran, diterapkan melalui beberapan tahapan yaitu: 1). Tahap akomodasai dengan mengidentifikasi capaian pembelajaran dengan menggabungkan persamaan dan perbedaan capaian menjadi satu capaian pembelajaran terintegrasi dan membuat rumusan secara global berupa mata pelajaran integrasi kurikulum. 2). Tahap koordanasi dilakukan dengan penyusunan materi pelajaran berdasarkan capaian integrasi kurikulum dan menyusun struktur kurikulum berdasarkan perpaduan alokasi waktu dalam integrasi kurikulum. 3). Tahap asimilasi dilakukan dengan menentukan perangkat pembelajaran dari RPP menjadi Lesson plan, dan membentuk sistem pembelajaran berdasarkan hasil integrasi pelajaran berupa jadwal pelajaran integrasi kurikulum, serta menentukan sistem evaluasi pembelajaran melalui penilaian yang digabungkan berupa rapor integrasi kurikulum. Penerapan integrasi kurikulum juga menimbulkan beberapa implikasi yaitu; 1). Implikasi terhadap teori yaitu capaian kompetensi pada Cambridge lebih tinggi dari pada capaian kompetensi K-13, dan Pelajaran cambridge memiliki tema pembahasan yang lebih banyak dari pada kurikulum 2013, serta mengikuti standar sistem evaluasi masing-masing kurikulum. 2). Implikasi terhadap metode yaitu menstandarisasi penggunaan bahasa inggris dalam pembelajaran. 3). Implikasi terhadap manajerial yaitu menstandarisasi penyusunan perangkat pembelajaran berupa LP (lesson plan), membuat rapor integrasi kurikulum dan mengikuti standar raport dinas, dan template nilai kelulusan disesuaikan dengan standar masing- masing kurikulum. Kata kunci; Integrasi, Kurikulum 2013, Kurikulum Cambridge

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMunzir Hitami2022045401mzr.hitami@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAlpizar2025066401alpizar@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 31 May 2024 03:31
Last Modified: 31 May 2024 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78879

Actions (login required)

View Item View Item