Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (P3MD) DALAM MEWUJUDKAN DESA MANDIRI DI DESA TANJUNG HARAPAN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

M. NABIL ADITIA MAULANA, - (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (P3MD) DALAM MEWUJUDKAN DESA MANDIRI DI DESA TANJUNG HARAPAN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. NABIL ADITIA MAULANA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (P3MD) DALAM MEWUJUDKAN DESA MANDIRI DI DESA TANJUNG HARAPAN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU Oleh : M. Nabil Aditia Maulana 11970514722 Terbelakangnya daerah pedesaan di negeri ini masih merupakan masalah besar yang belum teratasi., maka dibentuk UUD No 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagai pilar untuk memajukan perdesaan sehingga adanya komitmen penuh dari aparat desa serta pemerintah untuk meningkatkan pembangunan infrastrukstur dan pemberdayaan masyarakat di desa Tanjung Harapan sesuai dengan Prioritas yang ada serta dengan yang telah ditetapkan oleh kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 8 tahun 2022 tentang penggunaan dana desa tahun 2023. Namun dari 2018 hingga 2023 menurut indek desa membangun (IDM) desa Tanjung Harapan ini hanya sedikit peningkatan pada indeks ketahanan sosial (IKL) sebesar 0,12 dan indeks ketahanan ekonomi (IKE) sebesar 0,14 padahal 2 indeks ini merupakan pembangunan dan pemberdayaan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui implementasi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) dalam mewujudkan desa mandiri di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau, dari hasil penelitian hasil penelitian yang dilakukan peneliti dilapangan ditemukan bahwa dalam pelaksanaannya masih Belum Optimal. Karena terdapat faktor penghambat menurut George C. Edward III berupa komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi yang masih efisien dan efektif yang menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan program pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan, masih banyak terdapat kekurang pada aspek pembangunan belum merata sehingga masyarakat kesulitan akses mobilisasi serta informasi dunia luar. Sehingga mengakibatkan kurangnya pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan produktifitas sumber daya alam dan manusia. Penelitian ini merekomendasikan Pemerintah Desa harus melakukan meningkatkan kegiatan Pembangunan dan Pemberdayaan lebih banyak kepada masyarakat terkhusus dalam meningkatkan akses mobilisasi, serta jaringan telekomunikasi supaya masyarakat dapat meningkatkan kemajuan dalam produktifitas maupun aktivitas di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Kata Kunci : Implementasi, Peraturan Mentri Desa, Peraturan Daerah, Pembangunan Desa, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Desa Mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUAMMAR AL KADAFI S.Sos., M.Si, -2004068601muamar@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:07
Last Modified: 03 Jun 2024 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78860

Actions (login required)

View Item View Item