PENGARUH KEGIATAN HUMAS TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU

Hesti Ramanda Putri, (2013) PENGARUH KEGIATAN HUMAS TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201329KOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini berawal dari banyaknya keluhan masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas bagi masyarakat yang kurang mampu di RSUD Arifin Ahmad tidak memuaskan, selain itu banyak munculnya pemberitaan-pemberitaan pada media massa di kota Pekanbaru yang menyudutkan pihak RSUD (Rumah Sakit Umum Derah) Arifin Achmad. Pemberitaan tersebut memuat keluhan tentang pelayanan kesehatan yang pasien dapatkan dari rumah sakit tersebut tidak memuaskan, terutama pada pasien Jamkesmas. Padahal sebagai fasilitas pelayanan publik yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat dasar kepada masyarakat yang kurang mampu dan sebagai rumah sakit rujukan di tuntut untuk memenuhi kebutuhan tersebut sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan publik dengan efesien. Maka dari keluhan tersebut adalah tugas humas dalam menangani permasalahan ini. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh humas RSUD Arifin Achmad dalam memberikan pelayanan keseshatan terhadap pasien Jamkesmas. Dan asumsi peneliti adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara humas RSUD Arifin Achmad terhadap peningkatan pelayanan kesehatan pasien Jamkesmas. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana dengan pasien yang memakai jasa Jamkesmas sebagai subjek penelitian dan pengaruh kegiatan humas terhadap peningkatan pelayanan kesehatan pasien Jamkesmas sebagai objek penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan angket sebagai pengumpulan data primer dan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk data sekunder. Subjek penelitian ini adalah pasien Jamkesmas dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden, di tetapkan berdasarkan Accidental Smpling. Dari hasil pengujian diketahui bahwa t hitung (6,181) > t tabel (1,984) dan signifikansi (0,000) < 0,05. Artinya adalah terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan humas terhadap peningkatan pelayanan kesehatan Jamkesmas di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Berdasarkan uji koefisien determinasi diketahui nilai R Square sebesar 0,281 artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh humas terhadap peningkatan pelayanan kesehatan pasien Jamkesmas di RSUD Arifin Achmad adalah sebesar 28,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 22:05
Last Modified: 21 Sep 2016 22:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7886

Actions (login required)

View Item View Item