IFFA ANANDA ARYONA, - (2024) PRAKTIK PENJUALAN PAKAIAN DEFECT SECARA ONLINE DI TOKO YUDAZ OFFICIAL SHOP TINJAUAN FIQIH MUAMALAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI IFFA ANANDA ARYONA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Iffa Ananda Aryona (2023): Praktik Penjualan Pakaian Defect Secara Online di Toko Yudaz Offcial Shop Tinjauan Fiqih Muamalah. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perbedaan penjualan produk defect secara online yang tidak detail menampilkan kecacatan produk yang menimbulkan sifat untung–untungan penerimaan produk pada pembeli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penjualan pakaian defect di online shop pada toko Yudaz Official Shop dan bagaimana penjulan pakaian defect di online shop pada toko Yudaz Official Shop Tinjauan Fiqih Muamalah. Dan adapun Tujuan penelitian dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yang ada, yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penjualan pakaian defect di online shop pada toko Yudaz Official Shop dan untuk mengetahui bagaimana penjualan pakaian defect di online shop pada toko Yudaz Official Shop ditinjau menurut Fiqih Muamalah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang pengumpulan data dan observasi dilakukan secara online, toko online shop ini terdapat pada aplikasi Shopee dan toko ini berlokasi di Jakarta Barat. Dengan menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 820 orang, Karena keterbatasan dalam pengambilan sampel dikarenakan sampel dijangkau melalui online, penulis berhasil menjangkau sampel dari populasi sebanyak 4 orang yang terdiri dari 1 penjual dan 3 pembeli produk defect tersebut. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer berupa observasi dan wawancara secara online terhadap pihak terkait dan data sekunder berupa literature, buku, karya ilmiah dan sumber–sumber yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah penjual dan pembeli produk defect tersebut dan yang menjadi objek penelitian ini adalah penjualan produk defect yang bersifat untung–untungan secara online terhadap pembeli. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya penjualan produk defect secara online tersebut, ada pembeli yang sangat puas dan ada yang tidak puas karena tingkat kecacatan pada barang, hal tersebut disebabkan karena produk dikirim secara acak oleh penjual dan sebab penjual mengirim dan tidak mendeskripsikan produk dengan jelas adalah karena jumlah produk yaitu sampai 700 lebih barang defect. Maka ditinjau dari fiqih muamalah ini adalah, tidak terdapat permasalahan dan sesuai dengan rukun dalam jual beli ditinjau menurut fiqih muamalah. Kata Kunci: Online, Penjualan, Fiqih Muamalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2024 04:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2024 04:23 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78830 |
Actions (login required)
View Item |