Alisman Suprianto (2013) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI VERBAL GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SLTP MUHAMMADIYAH PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201323KOM.pdf Download (867kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi yang kurang baik seringkali mempengaruhi kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa sehingga pesan-pesan pembelajaran yang disampaikan kurang mendapat tanggapan atau respon yang positif seperti masih ada nilai siswa yang kurang berprestasi dan siswa kurang berminat terhadap komunikasi verbal guru bahasa indonesia dalam proses pembelajaran. Dalam Permasalahan bagaimana efektivitas komunikasi verbal guru dalam proses pembelajaran di SLTP Muhammadiyah Padang Luas Kecamatan Tambang. Tujuan penelitian untuk menegetahui bagaimana efektivitas komunikasi verbal guru dalam proses pembelajaran di SLTP Muhammdiyah Padang Luas Kecamatan Tambang. Kegunaan penelitian ini secara teori untuk mengembangkan teori komunikasi verbal dalam rangka meningkatkan efektivitas guru dalam proses pembalajaran dan membangun cakrawala berfikir bagi penulis untuk ikut memberikan sumbangan fikiran khususngnya pada bidang yang diteliti di SLTP Muhammadiyah Padang Luas Kecamatan Tambang, Serta sebagai tujuan akhir yakni persyaratan tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasi pada Fakultas Dakwah dan Ilmu komunikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung pada subjek yang akan diteliti serta menggunakan angket yang disebarkan kepada 60 sampel dan dokumentasi sekolah yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisa data penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan angka-angka dalam menganalisa data yang dituangkan dalam bentuk tabel, selanjutnya dicari persentase dan jumlah frekuensi dari setiap jawaban responden sesuai dengan permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukan komunikasi verbal guru dalam proses pembelajaran di SLTP Muhammadiyah Padang Luas Kecamatan Tambang sangat efektif ditandai dengan angka keberhasilan guru yaitu 76,6%. Yang diukur dari tiga aspek tujuan pembelajaran sebagai penentu efektif atau tidaknya komunikasi verbal guru dalam proses pembalajaran yaitu kognitif adalah kemampuan siswa dalam berfikir, mengetahui,memahami dan memecahkan masalah serta mempunyai rangsangan terhadap pesan yang disampaikan oleh guru, selanjutnya afektif adalah sikap, minat dan emosional siswa terhadap pesan yang disampaikan sehingga membentuk penilaian sesuai dengan minat masing-masing siswa dan psikomotorik adalah kemampuan siswa untuk melakukan tindakan yang diperintahkan oleh guru dan mempunyai kemampuan memanipulasi atau mengikuti pengarahan dari guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 21:56 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 21:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7883 |
Actions (login required)
View Item |