Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGELOLAAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI NAGARI KOTO SANI KABUPATEN SOLOK MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

VADILLA HUMAIRA, - (2024) PELAKSANAAN PENGELOLAAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI NAGARI KOTO SANI KABUPATEN SOLOK MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VADILLA HUMAIRA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

ABSTRAK Vadilla Humaira, (2024) Pelaksanaan Pengelolaan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Nagari Koto Sani Kabupaten Solok Menurut Perspektif Fiqih Siyasah. Pengelolaan dana desa tentunya ada ukuran dalam mengukur efektif atau tidaknya program dana desa. Pengelolaan dana desa dapat mempengaruhi mutu suatu daerah sehingga keikutsertaan masyarakat dalam pengelolaan dana desa menjadi indikasi penting untuk mendorong kepala desa yang dibantu oleh perangkat desa dalam hal pencapaian program-program prioritas, dalam hal ini salah satunya adalah pengentasan kemiskinan dengan cara meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat di Nagari koto sani? 2) Apa faktor dan kendala masyarakat terhadap dana desa di Nagari Koto Sani berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014? 3) Bagaimana tinjauan fiqih siyasa terhadap pelaksanaan pengelolaan dana desa di Nagari Koto Sani? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Meningkatkan pelayanan publik di desa 2) Mengentaskan kemiskinan 3) Memajukan perekonomian desa 4) Mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa 5) Memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Lokasi Penelitian adalah di Nagari Koto Sani. Populasi dan Sampel adalah Sekretaris Nagari Koto Sani, Bendahara Nagari Koto Sani, Ketua BPD Nagari Koto Sani, Dan Masyarakat Nagari Koto Sani. Sumber data dari penelitian ini adalah Data Primer dan Sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Metode Analisis Data dan Studi Pustaka dengan menjelaskan secara rinci dan sistematis data yang didapat dalam penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana desa di nagari koto sani sudah cukup efektif dan sudah dapat mensejahteraan masyarakat secara umum. Dalam perspektif fiqih siyasah penggunaan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat di nagari koto sani sudah efektif dan menjadi kamaslahatan umat tetapi memang belum terealisasikan secara sempurna. Kata Kunci: Pengelolaan Dana Desa, Kesejahteraan Masyarakat, Perspektif Fiqih Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHendri Sayuti2029087001hensayfilantropis20@gmail.com
Thesis advisorMuhammad Albahi muhammadalbahi@yahoo.co.id2026028002muhammadalbahi@yahoo.co.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 May 2024 05:28
Last Modified: 21 May 2024 05:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78812

Actions (login required)

View Item View Item