Suci Ramadhani, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suci Ramadhani (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS diantaranya rendahnya antusias siswa dalam proses pembelajaran, masih banyak siswa yang kurang aktif dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat serta kurangnya semangat untuk belajar sehingga mereka kurang memperhatikan penjelasan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain nonequivalent control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang berjumlah 234 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VII F dan kelas VII C yang berjumlah 60 siswa dengan penarikan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 89.00 dan t hitung diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai Alpha yaitu 0,05 yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap minat belajar siswa memiliki nilai 2,75 Strong Effect (efek tinggi). Jika dihitung persentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus: selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh kenaikan sebesar 7,40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kampar. Kata kunci : Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Minat Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 21 May 2024 04:30 | ||||||||
Last Modified: | 21 May 2024 04:34 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78803 |
Actions (login required)
View Item |