ASPEK PEMIKIRAN POLITIK HASAN AL-BANNA PADA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

Suryadi, (2010) ASPEK PEMIKIRAN POLITIK HASAN AL-BANNA PADA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201123.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Aspek Pemikiran Politik Hasan al-Banna Pada Partai Keadilan Sejahtera”, yang bertujuan untuk mengetahui apa saja pemikiran politik Hasan al-Banna yang di adopsi pada Partai Keadilan Sejahtera Apa saja kontribusi dan sikap Partai Keadilan Sejahtera terhadap pemikiran Hasan al-Banna tersebut. Penulisan ini menggunakan metode induktif, deduktif dan komperatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengambil dari sumber primer dan sekunder. Selain itu menggunakan teknik studi dokumentasi, Studi dokumen merupakan teknik awal yang digunakan dalam setiap penelitian ilmu hukum, Studi dokumen dilakukan atas bahan bahan hukum yang relevan dengan permasalahan penelitian. Lahirnya Partai Keadilan Sejahtera Sejahtera sangat dipengaruhi oleh gerakan Islam politik Timur Tengah khususnya Mesir, terutama pemikiran-pemikiran Hasan al-Banna (Imam al-Ikhwan al-Muslimun) yang banyak menjadi sumber inspirasi gerakan dakwah Partai Keadilan Sejahtera di Indonesia. Partai Keadilan Sejahtera bukan parpanjangan dari al-Ikhwan al-Muslimun dalam artian bentuk stuktural. Tapi Partai Keadilan Sejahtera terkena imbas dari riak al-Ikhwan al Muslimun, ini dibuktikan dengan pemikiran Hasan al-Banna yang pernah diterapkan pada al-Ikhwan al-Muslimun menjadi inspirasi bagi aktivis Partai Keadilan Sejahtera dalam aktivitas politiknya. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemikiran politik Hasan al-Banna mencakup pemikirannya terhadap politik dan partai politik, konsep negara Islam dan konsep khilafah. Pemikiran politik Hasan al-Banna pada Partai Keadilan Sejahtera terlihat dari pola tarbiyah dan partai kader. Saran dari penelitian ini menganjurkan kepada peneliti berikutnya untuk mengkaji dan menganalisa kiprah Partai Keadilan Sejahtera dalam berbagai aspek seperti menyampaikan pesan dakwah diparlemen sebagai manivestasi dari pemahaman yang Islam yang syamil, kamil dan mutakammil (menyeluruh, sempurna dan menyempurnakan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.272 Islam dan Ilmu Politik, Politik Islam, Fundamentalisme Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 13 Jan 2016 08:45
Last Modified: 13 Jan 2016 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item