Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

CAMPUR KODE GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMAS PLUS TARUNA ANDALAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

RINANDA SETYANISA GUNTORO, - (2024) CAMPUR KODE GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMAS PLUS TARUNA ANDALAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)

Abstract

RINANDA SETYANISA GUNTORO (2024): CAMPUR KODE GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMAS PLUS TARUNA ANDALAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN Penelitian ini di latarbelakangi oleh penggunaan dua bahasa dalam berkomunikasi dengan penutur lain. Secara umum orang Indonesia berbicara dua bahasa, yaitu Bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk campur kode dan mendeskripsikan faktor campur kode di SMAS Plus Taruna Andalan. Penelitian ini menggunakan teori Kridalaksana yang mengungkapkan bahwa campur kode merupakan pemanfaatan dua dialek yang digunakan dalam suatu wacana secara berlawanan. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis yang mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak catat. Hasil penelitian ditemukan ada penggunaan campur kode guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Campur kode yang ditemukan inner code mixing (campur kode dari dalam) dan outer code mixing (campur kode dari luar). Penyebab campur kode terjadi dalam proses pembelajaran adalah pertama penutur dan pembicara, lawan tutur atau pendengar, kedua perubahan situasi, ketiga hadirnya orang ketiga, keempat perubahan topik pembiacaraan dan kelima perubahan situasi formal dan informal. Penyebab ini lazim terjadi karena kebiasaan penggunaan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbawa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Campur Kode, Guru, Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLusi Komala Sari2002118501lusikomalasari44@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 May 2024 03:10
Last Modified: 21 May 2024 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78782

Actions (login required)

View Item View Item