Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

TIARA SAFITRI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TIARA SAFITRI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5 berjumlah 71 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Uji T-test. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL dalam meningkatkan hasil belajar kimia materi pada materi laju reaksi. Pada uji-t diperoleh hasil sig (2-tailed) = 0.002 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk uji determinasi diperoleh nilai (r2) = 0.122 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi sebesar 12.2%. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Laju reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZONA OCTARYA2028108401UNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2024 06:56
Last Modified: 17 May 2024 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78728

Actions (login required)

View Item View Item