AKHMUDI BIN SARKIMAN, - (2024) PROBLEMATIKA KURIKULUM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MADRASAH SEPARUH MASA DI SINGAPURA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DISERTASI AKHMUDI BIN SARKIMAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSRAK Pemerintah Singapura beroperasi berdasarkan prinsip sekuler, tidak memasukkan unsur-unsur agama ke dalam kebijakannya, termasuk pendidikan. Namun, pemerintah tetap mendukung inisiatif pendidikan Islam. Penelitian ini berupaya untuk mengkaji manajemen dan kurikulum madrasah paruh waktu, untuk mengeksplorasi peran mereka dalam menyediakan pendidikan bagi anakanak Muslim yang berpendidikan secular, memungkinkan mereka untuk mempraktikkan Islam sebagai pedoman hidup, untuk menghadapi tantangan masa kini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Majelis Ugama Islam Singapura (MUIS) berperan besar dalam memantau dan mengelola perkembangan pendidikan Islam di Singapura dengan menerapkan tiga jenis pendidikan Islam, yaitu Pendidikan Sepenuh Masa, Pendidikan Separuh Masa dan Program Pengajian Islam Awam. MUIS telah merancang kurikulum khusus untuk madrasah paruh waktu dengan memperkenalkan Singapore Islamic Education System (SIES). Kerana komunitas Muslim di Singapura perlu menampilkan karakteristik progresif dan memiliki visi model komunitas pemikiran Islam khas Singapura, MUIS memperkenalkan kurikulum Program aL.I.V.E (Learning Islamic Values Everyday) untuk madrasah paruh waktu. Penelitian ini menawarkan pandangan mendalam mengenai manajemen, kurikulum, dan fungsi madrasah paruh waktu di Singapura, dengan menggunakan metode kualitatif yang mencakup tinjauan literatur dan studi lapangan. Wawancara dengan beberapa pihak yang terlibat dalam pendidikan paruh waktu madrasah dan penelitian terhadap karya tulis terkait pendidikan Islam di Singapura, baik dalam bentuk artikel buku atau jurnal, serta dokumen lain yang menjadi data penelitian ini. Temuan penelitian ini akan mengarah pada pengembangan model kebijakan baru yang dapat meningkatkan program pendidikan madrasah paruh waktu di Singapura. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Madrasah Separuh Masa, Program aL.I.V.E
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:20 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78722 |
Actions (login required)
View Item |