Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN READING GUIDE TERHADAP LITERASI BACA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTsN 1 KAMPAR KAB. KAMPAR

LATIFAH HARAHAP, - (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN READING GUIDE TERHADAP LITERASI BACA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTsN 1 KAMPAR KAB. KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Latifah Harahap (2024): Pengaruh Metode Pembelajaran Reading Guide terhadap Literasi Baca pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 1 Kampar, Kab. Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Reading Guide terhadap literasi Baca pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 1 Kampar Kab. Kampar. Berdasarkan temuan di lapangan diketahui siswa mengalami masalah literasi baca-tulis pada pembelajaran IPS. Hal ini terjadi dikarenakan siswa terlihat lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain handphone dibandingkan membaca atau mengulang pelajaran, tugas yang dikerjakan oleh siswa lebih banyak merujuk pada sumber dari internet dibanding sumber dari buku, dan jumlah buku bacaan terbatas di sekolah, setiap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial digunakan secara bergantian dengan kelas lain. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII di MTsN 1 Kampar Kab. Kampar Provinsi Riau pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Adapun jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 208 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 orang dengan sebaran 30 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui perhitungan thitung dan ttabel yang diperoleh thitung > ttabel atau 7,419 > 2,01 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran reading guide terhadap literasi baca pembelajaran IPS di MTsN 1 Kampar pada kelas VII. Adapun persentase pengaruh metode pembelajaran reading guide terhadap literasi baca pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diperoleh dari hasil uji koefisien determinasi yang memperoleh nilai sebesar 0,756 (75,6%). Kata Kunci: Metode Pembelajaran Reading Guide; Literasi Baca; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2024 02:40
Last Modified: 17 May 2024 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78713

Actions (login required)

View Item View Item