POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA/I DI MTs AL MUTTAQIN PEKANBARU

Masna, (2013) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA/I DI MTs AL MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013173KOM.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu bagian dari proses interaksi manusia. Sebab sebagian besar hapir setiap hari manusia berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya terpenuhi. Lewat komunikasi interpersonal, seseorang bias menyampaikan atau menerima pesan atau informasi dari orang lain baik secara lisan maupun dengan simbol-simbol. Komunikasi juga ikut berperan dalam proses pendidikan seperti belajar mengajar di sekolah. Tanpa adanya komunikasi, maka tidakakan tercapai dengan baikhasil pendidikan tersebut. Pada dasarnya komunikasi yang terjadi di sekolah adalah komunikasi kelompok, namun ketika seorang siswa berbicara kepada gurunya, ataupun sebaliknya, maka proses komunikasi yang terjadi akan berubah menjadi komunikasi interpersonal. Pembinaan kepribadian anak didik menjadi tanggung jawab semua guru, dalam hal ini tidak terlepas dari peran guru agama seperti guru Aqidah Akhlak. Untuk mencapai hasil yang maksimal tentunya diperlukan adanya suatu pola dan metode komunikasi yang tepat dari guru tersebut. Sehubungan hal tersebut, adapun yang menjadi Subjek (informan) dalam penelitian inilah guru dan siswa. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah tujuan dari penelitian ini yaitu bagaimana pol komunikasi yang digunakan guru dalam proses belaja rmengajar dalam membina kepribadian Islami siswa/i di MTs Al Muttaqin Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yaitu memaparan (menggambarkan) dengan kata-kata atau kalimat data yang telah diperoleh, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan kalimat-kalimat tidak dengan bentuk angka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal yang digunakan guru bidang studi Aqidah Akhlak dalam membina kepribadian Islami siswa/inya menggunakan tiga pola yaitu pola satu arah, dua arah dan banyak arah. Pola satu arah seperti menceritakan kisah-kisah dalam Al Qur’an/nasehat,ceramah. Komunikasi dua arah adanya tanya jawab antara guru dan siswa ketika guru memberikan penjelasan pada siswa yang kurang mengerti dengan materi yang diajarkan sedangkan pola ketiga yaitu pola banyak arah hal ini terlihat ketika melakukan diskusi kelompok. Namun penggunaan ketiga pola tersebut tidak selalu terjadi hal itu tergantung dari kondisi dan situasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 21:19
Last Modified: 21 Sep 2016 21:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7870

Actions (login required)

View Item View Item