Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAN PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti)

TENGKU HAFIZ IKHWAN, - (2024) PENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAN PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tengku Hafiz Ikhwan (2024) : Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan dan Pengawasan Internal terhadap Akuntabilitas Kinerja Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti) Dalam menciptakan akuntabilitas terdapat komponen penting yaitu kualitas laporan keuangan dan pengawasan internal. Tingkat kualitas laporan keuangan pemerintah merupakan komponen penting dalam meningkatkan akuntabilitas instansi karena kebutuhan akan transparansi yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan yang akuntabel. Akuntabilitas juga ditentukan oleh seberapa baik pengawasan internal institusi pemerintah. Pengendalian internal yang kuat tentunya akan meminimalisir terjadinya kecurangan atau ketidakakuratan dalam proses akuntansi. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara kualitas laporan keuangan, pengawasan internal, dan akuntabilitas kinerja di BPKAD Kabupaten Kepulauan Meranti. Fokus utama adalah melihat apakah kualitas laporan keuangan dan pengawasan internal memiliki pengaruh terhadap akuntabilitas kinerja, serta bagaimana perspektif ekonomi syariah mencerminkan aspek-aspek tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan berbagai uji statistik termasuk analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, serta uji koefisien determinasi. Sampel penelitian mencakup seluruh pegawai BPKAD Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan total 38 responden. Hasil Penelitian memberikan kontribusi dalam pemahaman pentingnya kualitas laporan keuangan dan pengawasan internal dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja. Sementara itu, perspektif ekonomi syariah memberikan sudut pandang tambahan terkait kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah dalam praktik akuntansi pemerintah. Kata Kunci : Kualitas Laporan Keuangan, Pengawasan Internal, Akuntabilitas Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHANIAH LUBIS, SE., ME.Sy, -2107118301haniahlubis@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDARMAWAN TIA INDRAJAYA, M.Ag, -2001097201darmawantya72@gmail.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 May 2024 16:24
Last Modified: 16 May 2024 16:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78694

Actions (login required)

View Item View Item