Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM MARDEKA BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN BENGKALIS

EDI PURNOMO, - (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM MARDEKA BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN BENGKALIS. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI EDI PURNOMO.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Edi Purnomo ( 2023 ) : Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum Mardeka Belajar Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bengkalis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Suska Riau. Kementerian Agama Republik Indonesia melalui dirjen Pendis telah mengeluarkan peranturan madrasah yang mengatur kurikulum untuk menjawab permasalahan tersebut. Kurikulum Mardeka Belajar Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Madrasah menjadi pedoman yang akan digunakan oleh setiap madrasah di Indonesia dalam mengembangkan kurikulum disekolahnya, namun perlu dikaji secara serius terhadap kesesuanyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada kirikulum mardeka belajar Di Madrasah Aliyah Negeri Se- Kabupaten Bengkalis Rumusan Masalah yang diajukan adalah: 1) Bagaimanakah nilai- nilai pendidikan agama islam pada kirikulum mardeka belajar Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bengkalis? 2) Bagaimanakah Konsep Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada kirikulum mardeka belajar Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bengkalis? 3) Apa saja faktor yang menunjang Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada kirikulum mardeka belajar Di Madrasah Aliyah Negeri Se- Kabupaten Bengkalis? 4) Apa saja faktor yang menghambat Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada kirikulum mardeka belajar Di Madrasah Aliyah Negeri Se- Kabupaten Bengkalis?. Penelitian ini merupakan penelitian field Reseach, adapun Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis. Dengan menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran. Hasil penelitian dapat penulis identifikasi;1) Nilai-nilai PAI pada kirikulum mardeka belajar yang ditanamkan dI Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kabupaten Bengkalis berupa sikap dan tingkah laku tersebut diberikan secara terus-menerus melalui pembiasaan aspek religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. 2) Tahapan proses internalisasi nilai-nilai PAI sebagai bentuk pembinaan peserta didik, yaitu Tahap transformasi nilai, Tahap transaksi nilai dan Tahap transinternalisasi. 3) Penerapan Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada kirikulum mardeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bengkalis dilakukan dengan pertama ; penciptaan lingkungan dengan beberapa pendekatan yakni : a) Pendekatan Keteladanan b) Pendekatan Pembiasaan dan c) Pendekatan pengalaman. Kedua; Penciptaan pembelajaran yang kooperatif Ketiga, Melalui pembelajaran ektrakurikuler.. 4) Faktor pendukung dalam internalisasi nilainilai pendidikan agama islam pada kirikulum mardeka belajar Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bengkalis adalah Faktor internal yang meliputi : Faktor psikis guru, Faktor psikologis guru, Intelegensi siswa. Faktor ekternal yang meliputi : Lingkungan Keluarga, Lingkungan sekolah, Lingkungan masyarakat dan Faktor ekternal lainya yang meliputi : peraturan sekolah atau tata tertib yang bersifat tertulis dan mengikat. 5) Faktor penghambat dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada kirikulum mardeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bengkalis adalah Pertama, Faktor dari Dalam siswa yaitu karakteristik yang berbeda-beda. Kedua, Faktor dari Luar baik keluarga maupun lingkungan masyarakat. Temuan baru dalam penelitian ini adalah xiii internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam itu lebih berkesan dengan cara mengaplikasikan melalui visi kenabian yang dimotori oleh para kepala sekolah,guru dan seluruh stakeholder madrasah dalam karakter pribadi yang ditampilkan dihadapan siswa serta prilaku keseharian yang mencerminkan ketaatan pada ajaran Islam dan berbuat Ta`muruna bilma`ruf, watanhauna `anil mungkar serta tu`minuna billah.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. Asmal May, MA, -2010105205asmalmay_1953@yahoo.com
Thesis advisorDr. Zamsiswaya, M.Ag, -2021017002drzamsiswaya@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 May 2024 12:46
Last Modified: 16 May 2024 12:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78685

Actions (login required)

View Item View Item