Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SINONIMITAS SERTA DIFFERENSIASI KATA JIBĀL DAN RAWĀSĪ DALAM PENDEKATAN SAINS MENURUT AL-QUR’AN (Studi Analisis Tematik)

YUNTARI, - (2024) SINONIMITAS SERTA DIFFERENSIASI KATA JIBĀL DAN RAWĀSĪ DALAM PENDEKATAN SAINS MENURUT AL-QUR’AN (Studi Analisis Tematik). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul, ―Sinonimitas serta Differensiasi kata jibāl dan rawāsī dalam pendekatan sains (Studi Analisis Tematik). Allah menyebutkan kata bukit/gunung di dalam Al-Qur‘an dengan sebutan jibāl dan rawāsī, tentu keduanya memiliki fungsi pemaknaan yang berbeda. Maka dari itu, rumusan masalah pada penelitian ini adalah, Bagaimana pendekatan sains antara jibāl dan rawāsī dalam Al-Qur‘an? Kemudian, bagaimana analisis perbedaan dan persamaan kata jibal dan rawāsī dalam Al-Qur‘an? Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode kualitatif serta sumber data primer merujuk kepada Al-Qur'an serta kitab Tafsir Al-Azhar, Tafsir An-Nur, Tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Kementerian Agama RI. Sumber data sekunder merujuk kepada buku-buku, jurnal, artikel, skripsi serta sumber bacaan lainnya yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan serta persamaan antara kata jibāl dan rawāsī yaitu Allah SWT menyebutkan kata gunung dengan dua kata berbeda yaitu jibāl dan rawāsī dalam QS. An Nahl/16:15 dan QS. An-Naba/78: 6-7, dari ayat tersebut serta pandangan sains keduanya bermakna gunung sebagai pasak. Sedangkan perbedaan antara keduanya yaitu kata jibāl dalam QS. Al-Mursalat/77:10 secara sains disebutkan bahwa jibāl merupakan sesuatu yang tampak dari permukaan bumi atau yang disebut bukit atau gunung sedangkan pada kata rawāsī adalah bagian dari pasak bumi yang menancap ke dalam permukaan bumi. Kata Kunci: Penafsiran, jibāl, rawāsī, Sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD YASIR, S.Th.I., MA, -2006017802Muhammad.Yasir@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDrs. SAIFULLAH M.Us.,, -2002046602saifullah@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.122 Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 16 May 2024 12:35
Last Modified: 16 May 2024 12:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78683

Actions (login required)

View Item View Item