Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGUASAAN KOSAKATA HARIAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IX SMP ISLAM TERPADU PONDOK PESANTREN DAARUL RAHMAN TEMPULING INDRAGIRI HILIR RIAU (STUDI KASUS)

RAUDATUL JANNAH, - (2024) PENGUASAAN KOSAKATA HARIAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IX SMP ISLAM TERPADU PONDOK PESANTREN DAARUL RAHMAN TEMPULING INDRAGIRI HILIR RIAU (STUDI KASUS). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS RAUDATUL JANNAH.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

ABSTRAK Raudatul Jannah (2024): Penguasaan Kosakata harian Bahasa Arab Siswa Kelas IX SMP Islam Terpadu Pondok Pesantren Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau (Studi Kasus) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat penguasaan kosakata harian Bahasa arab siswa kelas IX di pondok pesantren Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau dan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata harian Bahasa arab siswa kelas IX di pondok pesantren Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya penguasaan kosakata harian Bahasa arab siswa di pondok pesantren Daarul Rahman Tempuling padahal sudah diterapkan lingkungan Bahasa yang mendukung penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini dilaksanakan di pondok pesantren Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau. Populasinya adalah siswa kelas IX yang berjumlah 100 orang dan sampel dari penelitian ini brjumlah 25% dari 100 populasi yaitu 25 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 80% dari 25 siswa memahami kosakata bahasa Arab sehari-hari dan 20% dari 25 siswa lemah dalam memahami kosakata bahasa Arab sehari-hari, sehingga pemahaman kosakata bahasa Arab harian siswa kelas IX SMP Islam Terpadu Pondok Pesantren Daarul Rahman Temouling dapat dikatakan baik. Indicator penguasaan kosakata Bahasa arab yang dikuasai siswa adalah mampu menterjemah kosakata dan mampu mengucapkan kosakata dengan baik. Dan terdapat dua faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata harian Bahasa arab harian siswa kelas IX SMP Islam Terpadu di pondok pesantren Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau yaitu factor pendukung dan factor penghambat. Factor pendukung yang yang mempengaruhi penguasaan kosakata harian Bahasa arab siswa kelas IX SMP Islam Terpadu di pondok pesantren Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau adalah program hadiah dan hukuman dan penyediaan kosakata di seluruh lingkungan sekolah. Adapun factor penghambat yang mempengaruhi penguasaan kosakata harian Bahasa arab siswa kelas IX Smp Islam Terpadu Pondok Pesantren Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau adalah kurangnya motivasi dan minat siswa pada Bahasa arab dan Faktor dari banyaknya siswa yang tidak menggunakan Bahasa arab di Pondok Pesantren Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau. Kata kunci: Penguasaan, Kosakata.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMASRUN, -2011037701masrun@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAGUSTIAR, -2005087101agustiar_abbas@yahoo.com
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 15 May 2024 06:33
Last Modified: 15 May 2024 06:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78654

Actions (login required)

View Item View Item