Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI CORAK Al-ADABY WAL IJTIMA’I DALAM AYAT PERANAN SUAMI DAN ISTRI DALAM MEMBINA RUMAH TANGGA (TELAAH TAFSIR AL-AZHAR BUYA HAMKA)

LENI MARDIAH, - (2024) IMPLEMENTASI CORAK Al-ADABY WAL IJTIMA’I DALAM AYAT PERANAN SUAMI DAN ISTRI DALAM MEMBINA RUMAH TANGGA (TELAAH TAFSIR AL-AZHAR BUYA HAMKA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini: IMPLEMENTASI CORAK Al-ADABY WAL IJTIMA‟I DALAM AYAT PERANAN SUAMI DAN ISTRI DALAM MEMBINA RUMAH TANGGA (TELAAH TAFSIR AL-AZHAR BUYA HAMKA dengan rumusan masalah :1. Bagaimana penafsiran ayat-ayat peranan suami dan istri dalam tafsir al-Azhar? 2. Bagaimana implementasi corak al-adaby wal ijtima‘i dalam tafsir al-Azhar tentang ayat-ayat peranan suami dan istri? Jenis penelitian manggunakan library research dan pendekatan kualitatif. Sumber data primer penelitian menggunakan kitab Tafsir kontemporer, yaitu Tafsir al-Azhar. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran ayat-ayat al-Qur‘an tentang Implementasi corak adabi wal ijtima‘i dalam ayat peranan Suami Istri menurut para muffasir. Hasil penelitian: 1. Dalam menafsirkan ayat-ayat yang berhubungan dengan peranan suami istri Buya Hamka mengaitkannya dengan hadist-hadist Rasulullah Saw. Beliau juga mengaitkan dengan pemikiran para ahli tafsir lainnya. Buya Hamka menekankan dalam berumah tangga harus senantiasa terus menerus memupuk keimanan kepada Allah Swt. 2. Buya Hamka memberikan suatu perspektif dan juga implemantasi dan sebagai usaha dalam berumah tangga. Menurut Buya Hamka dalam berumah tangga ditanamakan dalam keluarga tentang nilai-nilai keimanan kepada Allah Swt. Dalam peran suami dan istri, masing-masing anggota rumah tangga menyadari bahwa mereka mempunyai tugas dan kewajiban, dan saling bertanggung jawab. Buya Hamka melihat dalam rumah tangga, seorang suami mempunyai akhlakul karimah, mempunyai sikap lemah lembut kepada istri, dan menjadi tauladan yang baik dalam keluarga. Tentunya, rumah tangga adalah suatu keluarga yang diliputi dengan ketenangan dan ketenteraman. Kata Kunci: implementasi, Suami, Istri dan Integrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUJA'I SARIFANDI, M.Ag, -2003057001asyuja@gmail.com
Thesis advisorDrs. SAIFULLAH, M.Us, -2002046601saiful0204@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 May 2024 06:47
Last Modified: 15 May 2024 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78641

Actions (login required)

View Item View Item