BENDRAWADI, - (2024) PROFESIONALISME GURU PERSPEKTIF BUKU ADABUL ‘ALIM WAL-MUTA’ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DALAM IMPLIKASI UU NO 14 TAHUN 2005. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI BENDRAWADI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK BENDRAWADI (2024) Profesionalisme Guru Perspektif Buku Adabul Alim Wal Al-Muta’llim Karya KH. Hasyim Asy’ari Dalam Implikasi UU. No. 14 Tahun 2005 Guru dalam Undang-undang di Negara Indoensia telah sangat jelas mengatur tentang bagaimana seseorang dapat menjadi guru dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, tetapi dalam pelaksanaan dilapang ternyata masih banyak guruguru yang belum memenuhi kualifikasi sebagaimana yang dijelaskan dalam undangundang tersebut. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana model profesionalisme guru menurut Kh. Hasyim Asy’ari dan implikasi dengan Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tantang guru dan dosen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana guru professional menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam bukunya Adabul ‘Alim wal Muta’allim ? 2) Bagaimana implikasi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang guru guru professional dengan undang-undang No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen ? Tujuan dalam penelitian adalah 1) untuk mengetahui guru professional menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam bukunya Adabul ‘Alim wal Muta’allim. 2) untuk mengetahui implikasi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang guru guru professional dengan undang-undang No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Library Research (kajian pustaka). Sedangakan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu untuk menggali data dari bahan-bahan bacaan yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Data-data diperoleh dari sumber buku yakni kitab Adab al-‘Alim wa al Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari Al- Jombang. Hasil penelitian bahwa kompetensi guru menurut K.H. Hasyim Asy‟ari dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’aallim terbagi menjadi empat kompetensi yang harus dimilki guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional dengan penekanan pada akhlak-akhlak mulia dan etos kerja guru sebagai penentu utama dalam kesuksesan mencetak generasi penerus bangsa yang unggul. Kompetensikompetensi yang dirumuskan oleh K.H. Hasyim Asy’ari tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Kata Kunci: Profesionalisme Guru Dalam Kitab Adabul Alim Wal Al-Muta’llim Dengan UU. No. 14 Tahun 2005
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 May 2024 07:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 May 2024 07:43 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78620 |
Actions (login required)
View Item |