Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN TAHSIN TARTIL AL-QUR’AN DALAM PERBAIKAN BACAAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR)

KHOIRUNNISAH SUTARSIH, - (2024) DESAIN TAHSIN TARTIL AL-QUR’AN DALAM PERBAIKAN BACAAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Desain Tahsin Tartil al-Qur’an Dalam Perbaikan Bacaan al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Ummul Quro al-Islami Bogor)”. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana Tahsin Tartil al-Qur’an Di Pondok Pesantren Modern Ummul Quro al-Islami Bogor?, dan (2) Bagaimana Desain Tahsin Tartil Al-Qur’an Dalam Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Pondok Pesantren Modern Ummul Quro al-Islami yg beralamat di Jl. Moh Noh Noer Kp. Banyusuci Rt/Rw. 004/004, Kec. Leuwiliang Bogor. Dilakukan selama 6 bulan/ 1 semester terhitung sejak dikeluarkannya Surat Rekomendasi Riset dari Kesbangpol Provinsi Riau. Informan penelitian ini terdiri dari: 4 orang Ustadzah, 10 orang siswa dan 5 orang pengurus Pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: deduktif, induktif dan komperatif. Hasil penelitian: (1) Tahsin Tartil al-Qur’an Di Pondok Pesantren Modern Ummul Quro al-Islami Bogor menggunakan kitab pegangan yang disebut dengan Tilawati, Adapun pelaksanaannya yaitu dilakukan dengan tiga Teknik klasikal dan menggabungkan antara baca simak secara seimbang (2) Desain Tahsin Tartil al-Qur’an Dalam Memperbaiki Bacaan al-Qur’an menggunakan nada-nada tilawah khususnya rost, terdapat pengetahuan mengenai Gharib Musykilat, penggunaan blok-blok warna pada setiap materi yang dipelajari, serta menggunakan alat peraga khususnya berupa kalender tilawati. Kata Kunci: Tahsin al-Qur’an, Pesantren Modern dan Ummul Quro al-Islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. H. Jamaluddin, M.Us, -2023046701Jamaluddin@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSuja'i Sarifandi, M.Ag, -2005037001Asyuja@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.122 Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 14 May 2024 07:33
Last Modified: 14 May 2024 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78617

Actions (login required)

View Item View Item