DARBI, - (2024) REKONTRUKSI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDALAM PERSPEKTIF AL-QUR`AN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI DARBI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK DARBI (2023) : Rekontruksi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perspekif Al-Qur’an Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Selain itu, guru tidak hanya mengusai dalam bidang pengajaran. Tetapi guru juga dituntut untuk memiliki kompetensi diantaranya komepetensi pedagogik, kompetensi profesinal, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Rekontruksi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja kompetensi guru yang dijelaskan dalam perspektif al-Qur`an ? 2) Bagaimana analisis dan implementasi kompetensi guru yang terdapat di dalam al-Qur’an?. Tujuan dalam penelitian adalah 1) untuk mengetahui kompetensi guru yang dijelaskan dalam perspektif al-Qur`an. 2) untuk mengetahui analisis dan implementasi kompetensi guru yang terdapat di dalam al- Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah sebagai berikut penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan beberapa buku-buku tafsir yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui jalan dokumentatif atas naskah-naskah yang terkait dengan objek penelitian. Adapun data-data yang menyangkut kompetensi guru perspektif al- Qur`an. Adapun hasil dalam penelitian sebagai berikut: 1) Kompetensi pendidikan dalam al-Qur’an. a) Kompetensi Akhlakul Karimah, b) Kompetensi Spiritual, c) Kompetensi Keilmuan, d) Kompetensi Islamisasi sains dan ilmu pengetahuan, e) Kompetensi Profesional dan f) Kompetensi Sosial. 2) Diantara kompetensi yang harus dimiliki guru dalam al-Qur’an yaitu; (1) Menguasai dan memanfaatkan teknologi informasidan komunikasi untuk pengembangan diri maupun kepentingan pembelajaran, (2) Harus memiliki kualitas kesabaran, rasa percaya diri, berani, semangat, sungguh-sungguh dan pantang menyerah dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, (3) Bertanggung jawab secara penuh serta memiliki etos kerja yang tinggi dengan tugasnya sebagai pendidik, (4) Memiliki kepribadian seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kata Kunci: Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektf Al- Qur’an
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 May 2024 13:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 May 2024 13:18 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78613 |
Actions (login required)
View Item |